25 radar bogor

Jadi Pondasi Kemajuan Bangsa, Guru Harus Melek Teknologi

Guru-guru SMK Wikrama mengikuti pelatihan pembelajaran berbasis project, Selasa (13/12). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pendidikan menjadi salah satu pondasi dalam kemajuan bangsa. Termasuk di dalamnya adalah peran guru.

Semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa, maka akan diikuti juga dengan semakin baiknya kualitas pada bangsa tersebut.

Di Indonesia pendidikan sangat diutamakan karena pendidikan mempunyai peran yang sangat penting terhadap terwujudnya peradaban bangsa yang berbudi luhur.

Masalah ini yang menjadi pembahasan dalam webinar Kementerian Kominfo dan DPR RI, yaitu Ngobrol Bareng Legislatif, dengan tema “Peran Guru di Era Digital dan Cita-Cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”, Kamis, 16 Maret 2023.

Wakil Ketua PGRI DIY, Sahari menjelaskan, berdasarkan cita-cita negara salam Proklamasi Alinea ke 4 bahwa mencerdaskan bangsa menjadi salah satu cita-cita kemerdekaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan Pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu pondasi dalam kemajuan bangsa.

“Semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu bangsa, maka akan diikuti juga dengan semakin baiknya kualitas pada bangsa tersebut,” ungkap dia.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malangi Universitas Padjajaran, Nawang Warsi Wulandari menambahkan, guru mempunyai rasa simpati, empati, kasih sayang, dan toleransi.

Berbeda dengan Artificial Intelligence tidak memiliki rasa tersebut. Tantangan guru saat ini mengaburnya wawasan kebangsaan, menipisnya kesopanan dan kesantunan, menghilangnya budaya Indonesia.

Baca juga: Kementan Bakal Kukuhkan Guru Besar Pertama Bidang Penyuluhan Pertanian

Media digital menjadi panggung budaya asing, minimnya pemahaman akan hak-hak digital, kebebasan berekspresi yang kebablasan, berkurangnya toleransi dan penghargaan pada perbedaan, menghilangnya batas-batas privasi, pelanggaran hak cipta dan karya intelektual.

“Guru harus tetap menjadi teladan di dunia digital dan Nilai-nilai karakter tetap perlu dikembangkan di dunia digital agar dapat Memfilter segala informasi yang didapatkan dari siswa yang berasal dari gawai,” beber dia.

Namun, kata Anggota Komisi I DPR, Mohammad Idham Samawi, perkembangan teknologi saat ini juga harus diikuti oleh guru-guru di tanah air.

Sebab perkembangan teknologi kini sudah canggih. Berbagai ilmu bisa didapat melalui berbagai media.

“Jadi guru juga harus melek, ikuti perkembangannya,” tegas dia.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi, telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini, semakin mempertegaskan era disrupsi teknologi.

Terkhusus sosial media, kata dia, tentu menjadi sorotan utama di era sekarang. Sebab, hampir semua orang menggunakannya.

Sehingga, lanjut Semmy, pengguna sosial media harus bijak. Serta tahu betul bagaimana memanfaatkan itu dengan baik. Apalagi jika digunakan untuk belajar agama. (ran)