25 radar bogor

Tanah Labil, Warga Sekitar Lokasi Longsor di Empang Diungsikan ke SMPN 9

Relokasi korban Longsor di Empang ke Legok Muncang.
21 keluarga korban Longsor di Empang bakal direlokasi ke Legok Muncang.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Kementerian Sosial, mengungsikan warga RT 7 RW 4 yang berada di sekitar lokasi longsor di Empang. Sebanyak, 16 keluarga atau sekira 80 jiwa diungsikan sementara ke SMPN 9 Kota Bogor.

Camat Bogor Selatan, Abdul Rahman mengatakan, warga sekitar lokasi longsor di Empang diungsikan untuk mengantisipasi adanya longsor susulan yang dapat membahayakan.

“Alasannya, karena topografinya curam dan tanahnya masih labil jadi rawan longsor susulan. Makanya perlu disterilkan dulu,” ujarnya kepada Radar Bogor, Rabu (15/3/2023). [irp posts=”368570″ ]

Sejumlah warga tampak sudah membereskan barang-barang yang diperlukan selama mengungsi. Mereka membawa sejumlah pakaian dan kebutuhan lain meninggalkan tempat tinggalnya.

Ia menjelaskan, warganya akan tinggal di bangunan Masjid SMPN 9 Kota Bogor selama proses evakuasi korban longsor di Empang berlangsung. Lantai 1 diperuntukan untuk ibu-ibu, sedangkan lantai 3 untuk bapak-bapak.

Abdul menyebut, pengungsian yang tersedia telah dilengkapi dengan posko kesehatan, dapur umum, dan posko penanganan bencana.

“Kami harap ini tidak berlangsung lama. Kemudian ke depan kami harap warga mau untuk relokasi ke rusunawa demi keamanan,” harap dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep