25 radar bogor

Lokasi Longsor di Empang Sulit Diakses Alat Berat, 4 Korban Masih Tertimbun 

Longsor di empang
Evakuasi korban longsor di Empang Rabu (15/3/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian empat korban tertimbun longsor di Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu (15/3/2023).

Evakuasi korban longsor di Empang terkendala material yang tebal, dan alat berat sulit masuk ke lokasi kejadian.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, jalur menuju lokasi longsor yang sempit tidak memungkinkan alat berat untuk masuk.

Di samping itu, menurut dia, lokasi longsor di Empang merupakan daerah yang rawan. Namun ia berharap seluruh korban tertimbun ditemukan dalam keadaan selamat.

“Ini alat berat nggak bisa masuk, jalurnya jalur susah. Ini harus betul-betul manual. Mudah-mudahan ada keajaiban semuanya ditemukan selamat,” kata Dedie saat meninjau proses evakuasi korban tertimbun yang dilakukan oleh tim SAR gabungan, Rabu (15/3/2023).

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan, material longsor yang menimbun enam rumah memang cukup tebal. Diperkirakan, bisa mencapai tiga hingga empat meter.

Sementara itu, jalur menuju lokasi kejadian yang sempit membuat alat berat tidak bisa masuk untuk membantu upaya evakuasi korban. Sehingga, kata Theo, pencarian masih dilakukan secara manual.

“Kendalanya karena material cukup tebal, sementara ini dikerjakan manual. Belum ada rute untuk masuk kendaraan berat ini,” ujarnya.

Meski demikian, Theo mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor tengah berupaya mencari rute untuk memungkinkan alat berat agar bisa masuk ke lokasi longsor di Empang.

“Sementara belum ketemu rutenya, teman-teman PUPR lagi mencari rutenya, semoga ada rute bisa masuk jadi bisa lebih cepat,” tukas dia.

Diketahui, enam rumah warga dan 17 penghuninya di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor tertimpa tanah longsor.

Dari 17 orang yang tertimpa longsor, 11 orang berhasil diselamatkan, dua orang meninggal dunia, dan empat orang sisanya masih dalam pencarian. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep