25 radar bogor

Dimotivasi Dokter Rayendra, Ibu Lumpuh di Bogor jadi Percaya Diri

Dokter Raendi Rayendra memadukan pengobatan fisik dan memberi motivasi kepada pasiennya. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kesehatan bukan hanya tentang diagnosis dan pengobatan fisik. Pesan moral dan motivasi kerap dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan seseorang.

Begitulah cara Dokter Raendi Rayendra melakoni profesi dokter. Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) ini memadukan pengobatan fisik dan memberi motivasi kepada pasiennya.

“Jadi dalam dunia kesehatan, kadang-kadang bukan sekadar melakukan diagnosis lalu memberi obat. Dalam pengobatan itu, pesan moral kepada pasien sangat penting,” ucap dokter Rayendra.

Suami dari Siti Rahmah Fitria ini mencontohkan, seorang ibu di Kota Bogor yang menderita lumpuh pada bagian kaki akibat jatuh. Kondisinya yang lumpuh membuat sang ibu merasa malu untuk berobat dan berinteraksi dengan tetangga.

“Ibunya malu untuk keluar rumah. Dua-tiga tahun tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Akhirnya kakinya mengecil karena jarang dilatih. Saya kesana dan memotivasi dia. Alhamdulillah, sekarang dia mau keluar dan ngobrol sama tetangga,” urai dokter Rayendra.

Dokter Rayendra memang dikenal sebagai seorang dokter spesialis kulit dan motivator. Bukan hanya kepada pasiennya, juga berlaku kepada warga Kota Bogor. Seperti dalam aksi sosialnya “Ngariung Sehat” dan workshop “The Next Leader” yang berlangsung beberapa bulan terakhir di Kota Bogor.

Untuk diketahui, Ngariung Sehat dan The Next Leader adalah aksi sosial Dokter Rayendra untuk melakukan edukasi kesehatan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

“Saya itu paling senang memotivasi orang untuk bisa lebih maju lagi untuk mencintai pekerjaannya dan mencintai bidang keilmuannya,” papar Founder Rayendra Dermatology & Aesthetic Center ini.

Ayah dari empat anak ini mengaku lebih banyak menggunakan pendekatan hati dalam memberi motivasi.

“Karena saya sangat percaya bahwa apapun pekerjaan kita, apapun bidang ilmunya, akan menjadi sesuatu kalau kita mengerjakan dengan hati,” kata Rayendra yang tumbuh besar di Kota Bogor.

Dokter Rayendra berharap, aksi sosialnya dapat menjadi semangat baru dan energi positif untuk warga Kota Bogor.

“Kebahagiaan yang hakiki adalah bisa berbagi ilmu kepada banyak orang. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat,” demikian dokter Rayendra. (*/adv)

Editor: Imam Rahmanto