25 radar bogor

Prediksi Manchester City vs RB Leipzig : Momentum Tuan Rumah

Manchester city
Manchester City. (Getty Images)

MANCHESTER-RADAR BOGOR, Manchester City punya kesempatan besar lolos dari babak 16 besar Liga Champions musim ini. Prediksi itu tak lepas dari kekuatan lawan, RB Leipzig, yang timpang saat bermain di Etihad Stadium, Rabu (15/3/2023) dini hari WIB.

Skuad asuhan Pep Guardiola memang diuntungkan jelang pertandingan nanti. Selain bertindak sebagai tuan rumah, The Citizens tak mengalami masalah dengan kebugaran pemain.

Akan tetapi, Guardiola mengingatkan timnya tak boleh jemawa kontra Leipzig. Pelatih asal Spanyol itu khawatir sikap itu bakal menjadi bumerang walau bermain di kandang sendiri.

“Kami menyadari tim yang akan kami hadapi. Mereka adalah tim kuat, bahkan memberikan kami kesulitan saat menjalani leg pertama di Jerman. Fakta itu tentunya menjadi pembelajaran,” ujar Guardiola, dikutip Sky Sports.

Berbeda dengan Leipzig yang tidak didukung kekuatan penuh saat lawatan mereka ke Inggris. Mereka harus mengeluarkan penampilan terbaik jika ingin menyingkirkan Man City dari Liga Champions.

Pelatih Leipzig, Marco Rose, menuturkan timnya hanya memiliki 17 pemain yang bugar. Mereka tak diperkuat Christopher Nkunku dan Xaver Schlager, pemain kunci yang absen membela klub Bundesliga tersebut pada leg kedua nanti.

Fakta itu membuat Rose memahami bahwa timnya tak lagi diunggulkan memenangi duel kontra The Citizens, bahkan ketika Leipzig tampil dengan kekuatan penuh.

Karena itu, Rose hanya meminta kepada pemainnya untuk tampil sempurna. Dia ingin timnya membuat kejutan pada leg kedua nanti.

“Kami melawan mereka beberapa pekan lalu dan kami tahu apa yang diharapkan, tapi itu terdengar mudah secara teori. Pada prakteknya melawan Man City adalah pertandingan yang berbeda,” kata Rose dikutip AFP.

“Paruh pertama cukup buruk bagi Leipzig. Pertahanan kami tidak terlalu jelek, tapi kami kesulitan menguasai bola. Itu adalah masalah utamanya,” kata Rose.

“Kami ingin lebih intensif ketika kami bertahan, yang berarti kami akan harus lebih menguasai bola, tapi sekali mendapat bola kami harus sedikit lebih bertanggung jawab juga,” paparnya.

“Apabila kami menekan, ruang akan terbuka bagi lawan. Tapi, apabila kami bertahan dan tidak menyerang kami akan kebobolan pada suatu titik. Kami harus menemukan keseimbangan yang tepat, kami perlu banyak kepercayaan diri dan keberanian, dan kami akan perlu permainan terbaik kami musim ini,” timpalnya.

Salah satu kabar positif dari Leipzig adalah kembalinya penyerang Spanyol Dani Olmo dari cedera selama enam pekan. Olmo kembali merumput pada akhir pekan lalu saat Leipzig mengalahkan Borussia Monchengladbach 3-0.

“Dani mengatasi cederanya dengan cukup baik. Dia masih memulihkan diri, tapi dia tentunya akan menjadi faktor dalam pertandingan ini, untuk 25 atau bahkan 30 menit,” kata Rose.

“Dani tidak akan menjadi Dani seperti yang kita ketahui, tapi dia akan menguntungkan kami, jadi kami senang dia kembali,” tutupnya. (jpc)

Editor : Ruri Ariatullah