logo-radar-bogor

Perumda PPJ Tera Ulang Timbangan di Pasar Kota Bogor

Petugas dari Perumda Pasar Pakuan jaya melakukan tera ulang timbangan di sejumlah passar tradisional Kota Bogor. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor rutin melaksanakan tera timbangan di pasar tradisional. Timbangan sejumlah pedagang di Kota Bogor diperiksa.

Asisten Manager Pemberdayaan Pedagang Perumda PPJ Kota Bogor Budhi Purnawijaya mengatakan, tera ulang adalah pengujian kembali secara berkala terhadap alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) dan yang dipakai dalam perdagangan.

Menurut dia, tujuan utamanya adalah untuk melindungi pembeli dan pedagang. Program tera timbangan merupakan program rutin yang bisa di laksanakan setiap tahun.

“Program tera timbangan cukup penting karena alat ukur timbangan di pasar ini dipakai setiap hari dan seiring berjalannya waktu, maka bisa mengalami perubahan. Sehingga diperlukan tera supaya tetap stabil,” ungkapnya dalam keterangan diterima Radar Bogor, Selasa (14/3).

Hal tersebut juga untuk meningkatkan citra Pasar Tradisional melalui kebenaran dalam hal pengukuran, juga peningkatan pemahaman tentang kesadaran antara pedagang, pengguna dan pemilik UTTP.

“Dengan program tera timbangan ini, pengelola pasar membangun kepercayaan kepada masyarakat bahwa takaran timbangan di pasar-pasar tradisional memang pas,” sambung Budi.

Tera timbangan tahap pertama dilakukan di Pasar Bogor dengan jumlah total 300 pedagang. Lantaran waktu yang terbatas hanya 8 hari. Selanjutnya, tera timbangan akan dilaksanakan di Pasar Padasuka.(*)

Reporter: Omer Ritonga
Editor: Imam Rahmanto