25 radar bogor

Mudik Lebaran, Ini Tips Aman Tinggalkan Rumah

Ilustrasi Jadwal one way, contraflow dan ganjil genap mudik lebaran
Ilustrasi Jadwal one way, contraflow dan ganjil genap mudik lebaran

RADAR BOGORBeberapa minggu sebelum masuk bulan Ramadan, banyak masyarakat Indonesia yang sudah merancang rencana untuk mudik. Bahkan tidak sedikit yang sudah booking tiket pesawat atau tiket kereta api. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kehabisan tiket saat memasuki momen mudik. Walaupun sebenarnya pemerintah sudah menambah jumlah tiket untuk mudik.

Mempersiapkan rencana mudik dari jauh-jauh hari memang memberikan dampak yang cukup baik. Tidak hanya masalah ketersediaan tiket, perencanaan yang matang jauh sebelum berangkat akan membuat perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

Namun, jangan sampai hanya mempersiapkan rencana untuk perjalanan mudik. Anda juga harus memikirkan kondisi rumah saat ditinggal dalam kurun waktu yang cukup lama. Berikut ini ada beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan saat meninggalkan rumah untuk mudik dalam waktu yang cukup lama!

Menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah

Ketika meninggalkan rumah saat mudik, jangan lupa untuk menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah. Hal ini bertujuan agar pada malam hari rumah tetap terlihat terang. Jika rumah dalam keadaan gelap pada malam hari, hal ini menandakan bahwa pemilik rumah sedang tidak ada. Kondisi rumah seperti ini sering kali jadi incaran banyak orang jahat.

Namun, jangan biarkan lampu rumah Anda menyala sepanjang hari. Hal ini juga menjadi tanda bahwa tidak ada orang di dalam rumah. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan lampu pintar yang bisa mendeteksi cahaya dan memiliki timer. Jadi, pada saat suasana gelap lampu otomatis akan nyala, dan sebaliknya ketika ada cahaya matahari maka lampu akan mati.

Pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan baik

Memastikan semua pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci merupakan hal penting yang harus dilakukan saat meninggalkan rumah. Hal ini merupakan pemahaman dasar yang harus dilakukan saat meninggalkan rumah, apalagi jika pergi dalam waktu yang lama. Jangan ragu untuk melakukan pengecekan berulang kali, hal ini bertujuan untuk memastikan semuanya benar-benar terkunci.

Agar lebih aman, Anda juga bisa menambahkan gembok di pintu. Satu hal yang tidak kalah penting, jangan meletakkan atau menyimpan kunci di tempat-tempat yang mudah diketahui orang, seperti di bawah rak sepatu, pot bunga, dan keset.

Pastikan barang berharga tersimpan di tempat yang aman

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan semua barang-barang berharga yang ada di dalam rumah tersimpan dengan baik dan aman. Barang-barang berharga di sini berupa perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah, dan lain sebagainya. Jika Anda merasa tidak aman untuk disimpan di rumah, Anda juga bisa menyimpan barang-barang tersebut di safe deposit box di bank atau kantor kepolisian.

Mencabut barang elektronik dari stop kontak

Selanjutnya, sebelum meninggalkan rumah jangan lupa untuk mencabut barang elektronik dari stop kontak. Hal ini bertujuan agar terhindar dari hubungan arus pendek atau korsleting. Barang-barang elektronik seperti mesin cuci, kulkas, dispenser, dan televisi harus dalam keadaan mati saat ditinggal, dan jangan lupa mencabut kabel dari stop kontak.

Melepaskan regulator gas

Selain peralatan elektronik, regulator gas juga harus dicabut saat meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Selain itu, Anda juga harus pastikan bahwa tabung gas dalam kondisi aman sebelum ditinggal. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kebocoran gas. Untuk lebih aman, Anda bisa mengosongkan gas di dalam tabung tersebut.

Memasang kamera pengawas

Untuk keamanan rumah yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan kamera pengawas di luar rumah. Pilih kamera pengawas yang terhubung langsung dengan smartphone agar Anda bisa melihat secara langsung kondisi rumah meskipun Anda sedang tidak di rumah. Pastikan semua kamera pengawas terletak di posisi yang tepat agar semua sisi rumah bisa terlihat.

Mematikan semua keran air

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan semua keran air berada dalam kondisi mati. Jangan biarkan air menyala saat meninggalkan rumah karena ini merupakan tindakan pemborosan. Selain pemborosan, membiarkan air mengalir akan menyebabkan genangan yang bisa menjadi sarang nyamuk.

Bersihkan rumah sebelum ditinggal

Sebelum pergi mudik Lebaran, alangkah baiknya bersihkan rumah terlebih dahulu. Jika rumah ditinggal dalam keadaan kotor, maka kemungkinan besar akan ada banyak binatang yang muncul, seperti tikus, kecoa, dan semut. Di samping itu, meninggalkan rumah dalam keadaan bersih tentunya tidak akan mempersulit kerja Anda membersihkan rumah saat pulang nanti.

Pasang alarm kebakaran

Memasang alarm kebakaran merupakan langkah yang tepat untuk mendapatkan keamanan yang maksimal. Anda bisa memasang alarm ini di area yang mudah mendeteksi munculnya asap. Apabila alarm ini berbunyi, maka tetangga akan mendengar dan risiko kebakaran yang lebih besar bisa diantisipasi.

Demikian beberapa tips aman meninggalkan rumah saat mudik. Tips ini juga bisa Anda terapkan di momen lain yang mengharuskan Anda dan keluarga meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. (adv)

Editor : Yosep