25 radar bogor

Longsor Batutulis Bikin Macet, Target Penanganan 2 Hari

Kendaraan melintas di jalan yang mengalami longsor pada proyek underpass di Kelurahan Batu Tulis, Bogor Selatan, Selasa (13/3). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Longsor yang terjadi pada proyek underpass di Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan pada Selasa (13/3) menimbulkan kemacetan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio menuturkan, longsor terjadi pada pukul 9 pagi. Longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur Kota Bogor sejak Senin (13/3) sore hingga malam hari.

“Menurut pihak pengembang, pekerjaan yang mereka bangun belum kering lalu terlanjur terkena hujan deras dan masuk ke dalam. Ditambah getaran dari kendaraan akhirnya berpengaruh pada pekerjaan itu,” jelas Theo dikonfirmasi Radar Bogor.

Pihak pengembang selanjutnya akan menghadirkan alat berat untuk melakukan penanganan pada longsor tersebut pada Selasa (14/3) malam. Upaya pemulihan ditargetkan rampung dalam 2 hari ke depan.

“Hal itu memang perlu dilakukan dengan segera karena khawatir berdampak pada pipa PDAM yang ada di lokasi longsor,” tuturnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Dimas Tiko menjelaskan kemacetan terjadi akibat pembatasan arus lalu lintas.

Ruas Jalan Raya Batutulis ditutup sebagian untuk sementara waktu untuk mengantisipasi longsor susulan. Oleh karena itu, kendaraan yang akan melalui titik tersebut harus lewat secara bergantian

“Karena lalu lintas di sana cukup padat, kami antisipasi terapkan gatur bergantian untuk antisipasi kerawanan dari longsor tersebut,” jelas Dimas.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengembang agar melakukan langkah penanganan dengan cepat. “Sudah ditangani dan akan dikuatkan kembali selama 1-2 hari ke depan,” imbuh dia.

Dimas menekankan, pihaknya akan memantau terus lokasi tersebut untuk mencegah terjadinya kemacetan kembali. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto