25 radar bogor

Kuliner Identik, Makanan-Makanan Ini Jarang Ditemui Selain di Bogor

Kuliner identik khas Bogor. Net
Kuliner identik khas Bogor. Net

BOGOR-RADAR BOGOR, Indonesia memiliki beragam makanan khas daerah masing-masing, yang tentunya memiliki beraneka ragam cita rasanya. Salah satunya Bogor. Kota berjulukan ‘Kota Hujan’ ini pun punya beragam kuliner indentik.

Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digemari para pelancong, khususnya warga Jakarta, untuk menghabiskan waktu liburan mereka.
Berbagai tempat wisata yang ada, baik itu wisata alam, atau pun lainnya, menjadi daya tarik warga luar Bogor, untuk selalu berkunjung.

Salah satu daya tarik Bogor lainnya, adalah sejumlah kuliner identik, atau kuliner khas Bogor, yang jarang ditemukan di kota lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Bogor yang wajib dicoba:

1. Asinan Bogor

Asinan Bogor adalah hidangan khas Bogor yang terdiri dari sayuran segar yang diiris tipis-tipis seperti kubis, kol, wortel, mentimun, dan taoge yang dicampur dengan saus kacang yang gurih dan sedikit manis. Rasanya yang segar dan sehat menjadikan Asinan Bogor sebagai hidangan yang cocok untuk disantap di siang hari.

2. Soto Bogor

Soto Bogor adalah soto dengan kuah kaldu bening yang kaya akan rempah-rempah. Soto ini biasanya disajikan dengan irisan daging, tauge, dan ketupat. Hidangan yang hangat ini cocok untuk disantap saat cuaca dingin atau di pagi hari.

3. Laksa Bogor

Laksa Bogor adalah hidangan mi khas Bogor yang terbuat dari mi kuning yang disajikan dengan kuah santan yang kaya akan rempah-rempah dan ikan teri. Hidangan ini biasanya disajikan dengan irisan telur rebus dan kerupuk udang yang renyah.

4. Toge Goreng

Toge Goreng adalah makanan khas Bogor yang terbuat dari taoge yang digoreng dengan tepung dan bumbu rempah. Toge Goreng disajikan dengan bawang goreng dan sambal khas Bogor yang pedas.

5. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang adalah minuman khas Bogor yang terdiri dari air gula merah, santan, dan potongan es batu yang disajikan dengan jeli dari tepung ketan yang dicampur dengan air daun pandan. Rasanya manis dan menyegarkan, cocok untuk disantap di siang hari.

Itulah beberapa kuliner khas Bogor yang wajib dicoba. Jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner ini saat berkunjung ke Bogor! (ran)

Editor: Rany