25 radar bogor

HUT Ke-104, Damkar Diminta Tingkatkan Profesionalisme

Aksi personel Damkar Kabupaten Bogor dalam apel peringata HUT ke-104 Damkar di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (14/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan diharapkan menjadi momentun meningkatkan profesionalisme tim Damkar dalam melayani masyarakat.

Hal itu disampaikan Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat memimpin apel HUT ke-104 Damkar di Lapangan Tegar Beriman, Selasa (14/3).

“Mari kita jadikan momentum ini untuk mengobarkan semangat juang, dedikasi dan pengabdian dalam melindungi, serta meningkatkan profesionalisme, kreatifitas, inovasi, dan pemanfaatan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ajaknya.

Iwan menuturkan, tugas pemadam kebakaran beresiko tinggi dan memerlukan keahlian untuk menangai situasi yang berbahaya saat bencana. Terlebih, Kabupaten Bogor memiliki wilayah yang cukup luas dengan jumlah penduduk yang saat ini lebih dari 5,49 juta jiwa.

“Untuk itu penguatan kelembagaan, modernisasi sarana dan prasarana sesuai standar, kinerja dan budaya kerja aparatur, serta perbaikan manajemen data terintegrasi, harus terus ditingkatkan,” paparnya dikutip Radar Bogor.

Iwan juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya ke seluruh jajaran dan personil Dinas Damkar Kabupaten Bogor, atas berbagai upaya pemadaman kebakaran dan penyelamatan masyarakat dalam kondisi darurat dan bencana.

“Turut berbangga dan apresiasi setinggi-tingginya atas raihan prestasi yang mengharumkan nama Kabupaten Bogor di tingkat nasional sebagai juara umum pada National Firefighter Skill Competition (NFSC) 2023 yang diselenggarakan Kemendagri,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas Damkar Kabupaten Bogor menjadi juara umum National Firefighter Skill Competition (NFSC) Tahun 2023. Menang dalam kompetisi tingkat nasional tersebut, para ksatria biru ini telah mengharumkan nama Kabupaten Bogor di tingkat nasional..

Kabupaten Bogor meraih juara umum NFSC 2023 dengan raihan juara 1 dan juara 2 kategori hose laying dan juara 1 kategori survival atau braveheart. Selanjutnya, Damkar Kabupaten Bogor bakal mewakili indonesia dalan ajang serupa di tingkat dunia.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto