logo-radar-bogor

Gembleng Ratusan Mahasiswa FEB Unpak, Astra Group Sharing Ilmu Bisnis 

Unpak
Unpak Bogor bekerja sama dengan Astra Group, menyelenggarakan kegiatan bertajuk Practitioners Come to Campus, pada Senin (14/3/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Pakuan atau Unpak Bogor bekerja sama dengan Astra Group, menyelenggarakan kegiatan bertajuk Practitioners Come to Campus, pada Senin (14/3/2023).

Kegiatan diikuti ratusan peserta mahasiswa dari lintas angkatan dan alumni di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpak Bogor. Mereka berkesempatan untuk sharing, tanya jawab terkait peluang karir, bisnis, hingga menjelaskan keahlian atau kompetensi yang dibutuhkan bagi dunia industri.

Wakil Dekan II Bidang SDM dan Keuangan FEB Unpak Enok Rusmanah mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut MoU dengan PT Astra International Tbk, dimana dalam kerjasama tersebut terdapat empat pilar meliputi bidang pendidikan, UMKM, lingkungan hidup, dan terakhir kesehatan.

“Salah satunya ini adalah bidang pendidikan. Bagaimana mencocokan antara dunia pendidikan dengan dunia industi, sehingga program-program ke depan di FEB bisa menaungi kebutuhan Industri, baik dari sisi kualifikasi, hingga skill yang seperti apa,” kata perempuan yang kerap disapa Enok.

Menurut dia, permasalahan yang kerap di bahas termasuk pemerintah telah mengidentifikasi kendala paling besar antara dunia pendidikan dan industri, adalah terjadi gap atau kesenjangan. Di mana, seolah dunia pendidikan saat ini belum memenuhi kualifikasi dan kebutuhan dunia Industri.

Atas dasar itu, Astra Group dengan pengalamannya memberikan bekal kepada mahasiswa apa saja yang dibutuhkan agar dapat diterima di perusahaan yang berskala besar.

“Sehingga acara ini bisa menjembatani ketika sudah sharing knowledge (pengetahuan), experience (pengalaman). Diharapkan mahasiswa dapat langsung terserap ke dunia kerja,” ucap dia.  “Minimal punya bekal dan wacana seperti apa ketika lulus, atau memiliki minat untuk berbisnis,” ucap dia.

Sementara itu, Sekretaris Group Astra Wilayah Bogor Vina Kristiawati menjelaskan, kedatangannya untuk mengenalkan kepada masyarakat khususnya mahasiswa terkait dengan berbagai perusahaan yang berada di bawah naungan Astra Group.

“Apa sih Astra Internasinal, dan career pathnya seperti apa, masing-masing urusan Astra, dan untuk itu kami buat even sebagai grooming sebelum mahasiswa lulus mereka juga harus mengetahui perusahaan yang mereka tuju apa dan bagaimana,” papar dia.

Diharapkan bibit-bibit unggul yang ada di FEB Unpak dapat bekerjasama dan bersinergi, dalam hal ini peluang berkarir di perusahaan Astra Group. “Kedepannya ketika career path, bisa bergabung dengan Group Astra,” tukas dia.

Ada empat narasumber yang hadir dari perwakilan perusahaan Astra Group, yakni di bidang otomotif Kepala. Cabang Auto 2000 Yasmin Suriyawano, bidang asuransi Kepala Cabang Asuransi Astra Buana (AAB) Oss Linson, bidang pembiayaan atau leasing mobil Kepala Cabang Astra Credit Company (ACC) William Putera Wardana, dan terakhir Finatra Marketing Head PT. FIF Irwin Rezka Firmansyah. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep