25 radar bogor

Bisnis di Dunia Digital? Perhatikan Hal-Hal Penting Ini…

Ilustrasi bisnis di media sosial
Ilustrasi bisnis di media sosial

BOGOR-RADAR BOGOR, Kemajuan digital, sudah mendorong banyak lini kehidupan menjadi lebih baik. Sehingga untuk menciptakan inovasi dan produktivitas dalam dunia digital, bukanlah hal yang sulit.

Untuk bersaing secara kreatif di dunia digital, saat ini pun dinilai sangat mudah. Karena ide-ide yang ditampilkan dan disalurkan, juga sudah banyak platformnya.

Ada begitu banyak contoh, bahwa kreativitas sangat dibutuhkan di era digital. Namun kreativitas, hanya salah satu dari sekian banyak kemampuan yang dibutuhkan, oleh seseorang untuk dapat sukses di era seperti sekarang ini.

Secara umum, digital creativity berarti kemampuan menciptakan karya dan terobosan terkini, yang melibatkan berbagai potensi teknologi informasi. Termasuk software, hardware, serta aplikasi terkait di dunia digital.

Hal itu yang disampaikan praktisi teknologi dan informasi, Triawan Adi Cahyanto dalam Ngobrol Bareng Legislator, yang diselenggarakan Kementerian Kominfo, Senin, 13 Maret 2023.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Universitas Dr Soetomo, Cand Zulaikha menambahkan, setelah adanya internet, manusia mulai ketergantungan akan penggunaan internet. Baik itu berinteraksi, sampai sekarang sudah mulai merambah di bidang bisnis dan berjualan.

“Sangat wajar kita menggunakan internet untuk bisnis, agar dapat meluaskan jangkauan pasar yang akan menjadi target dalam berjualan,” kata dia yang juga menjadi narasumber.

Asalkan, lanjut dia, majunya inovasi di dunia digital ini, harus diiringi dengan keamanan dalam bertransaksi, utamanya dalam berbisnis di dunia digital.

Yakni keamanan, potensi berkelanjutan, dan juga harus bisa beradaptasi dalam sesuatu kondisi yang dapat mengganggu jalannya bisnis.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap program webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Webinar tersebut memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA; mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.

Semmy, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa pesatnya perkembangan teknologi yang semakin maju, dengan adanya pandemic Covid-19 telah mendorong kita untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas melalui platform digital.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah, yang semakin mempertegas bahwa kita berada di era percepatan trasnformasi digital.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik masyarakat dengan pemerintah agar masyarakat tidak tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital,” beber Semmy. (*/ran)

 

Editor: Rany