25 radar bogor

Sukses Helat Jamperkabo Pertama, Ini Harapan PPNI Kabupaten Bogor

PPNI Kabupaten Bogor menggelar jambore perawat di Kampung Ulin, Cisarua, 11-12 Maret lalu. (Radar Bogor/ Septi Nulawam)

CISARUA-RADAR BOGOR, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bogor sukses menggelar jambore perawat di Kampung Ulin, Cisarua pada 11 – 12 Maret lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT PPNI ke-49. Puncaknya, pada 17 Maret 2023.

Para perawat yang berjumlah sekitar 200 orang itu saling bersilaturahmi, serta menguatkan kapasitas diri dengan nuansa santai di Jamperkabo (Jambore Perawat Kabupaten Bogor) pertama ini.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Bogor, Jajat Sudrajat mengatakan, Jamperkabo yang digagas pihaknya ini memuat tiga kegiatan utama di dalamnya.

“Yaitu muatan silaturahmi, bersenang-senang dan seminar. Dengan Jambore diharapkan perawat Kabupaten Bogor bisa bertemu, bertegur sapa, ngobrol-ngobrol dan lainnya,” ucapnya kepada Radar Bogor, Senin (13/3).

Kegiatan tersebut dikemas dengan game-game outbound ceria. Memang kata Jajat, melalui jambore ini pihaknya mengajak perawat untuk “healing”, memecah kekakuan dan kebekuan karena rutinitas pekerjaan.

Apalagi pasca bencana pandemi, hampir semua perawat yang berjibaku melawan virus Covid-19 tidak sempat bernapas lega karena langsung kembali ke rutinitas semula.

“Kami kemas hal ini dengan kegiatan Reggae Night yang mengajak pesertanya untuk tampil pada kegiatan hiburan tersebut,” jelas Jajat.

Di samping hiburan, dalam jambore ini juga tidak lupa memberikan muatan ilmiah berupa seminar. Berbeda dengan seminar pada umumnya, seminar ini diadakan di tempat terbuka dan dengan nuansa yang santai.

Seminar diisi dengan muatan Satuan Kredit Profesi (SKP) sebagai bekal para perawat dalam perpanjangan Surat Tanda Registrasi (STR) tenaga kesehatan.

“Jambore ini adalah jambore pertama di Kabupaten Bogor, di Jawa Barat bahkan di Indonesia. Kami berharap inisiasi ini dapat menjadi kegiatan lebih beras lagi,” harap Jajat.

Sementara materi dan pembekalan disampaikan oleh Ketua DWP PPNI Jawa Barat, Budiman. Menurutnya, kegiatan yang berbeda pada umumnya ini sangat positif bagi perawat. Selain itu, jamperkabo ini juga dihadiri Himpunan Perawat Manajer Indonesia (HPMI).(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto