25 radar bogor

Solusi IoT XL Axiata Bantu Budi Daya Maggot dan Hidroponik

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto meresmikan pemanfaatan solusi digital canggih ini di Depok, Senin (13/3).

DEPOK-RADAR BOGOR, Solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) dari XL Axiata terus digenjot hingga ke kalangan pondok pesantren (Ponpes). Produk paling baru adalah solusi untuk mendukung budi daya Maggot dan hidroponik di Ponpes Hidayattullah, Depok, Jawa Barat.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto meresmikan pemanfaatan solusi digital canggih ini di Depok, Senin (13/3). Feby mengatakan, XL Axiata menyediakan sejumlah solusi digital yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman pengelola pondok pesantren di seluruh Indonesia. Penyediaan solusi IoT ini juga merupakan implementasi beberapa dari sekian banyak hasil inkubasi IoT di Laboratorium XCamp XL Axiata.[irp posts=”367751″ ]

“Dipilih beberapa solusi IoT yang memang cocok dan dapat diterapkan, sehingga diharapkan dapat tercipta pemberdayaan ekonomi di lingkungan Pesantren, seperti yang dilakukan di Ponpes Hidayatullah, Depok ini,” ungkapnya, dalam keterangan diterima Radar Bogor.

Solusi IoT Maggot dikembangkan oleh XCamp sebagai laboratorium pengembangan solusi IoT milik XL Axiata untuk budidaya maggot, yang memiliki sejumlah fitur pemantauan lingkungan dan kontrol suhu atau kelembaban di lokasi peternakan Black Soldier Fly (BSF).

Manfaat dari solusi ini adalah untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional dan sumber data untuk keperluan Big Data dan Artificial Intelligent untuk mempermudah perencanaan, proyeksi, hingga perawatan. Budi daya maggot ini secara tidak langsung juga mendukung program pengolahan dan pemberdayaan sampah organik dan non organik di pesantren tersebut.

Sementara untuk budidaya hidroponik, solusi IoT Hidroponik menyediakan manfaat berupa sistem memonitoring, auto feeding nutrisi, serta pemantauan suhu lingkungan tempat budidaya.

Faktor-faktor lingkungan dalam bertani hidroponik seperti suhu, kelembapan, cahaya matahari, kadar PH, cairan nutrisi, serta faktor terukur lainnya yang dapat menentukan keberhasilan bertani hidroponik dapat dimonitor dan diatur secara baik dan sesuai kebutuhan melaui sarana IoT Hidroponik ini.

“Melalui program Pesantren Digital, XL Axiata melakukan berbagai pelatihan digital guna meningkatkan skill santri dan santriwati dalam bidang digital, seperti pelatihan untuk menjadi content creator, website designer, pemanfaatan IoT and cyber security serta pemanfaatan 5G untuk kemajuan umat,” paparnya.

Selain itu, XL Axiata juga akan memfasilitasi khususnya para santriwati untuk lebih melek digital dan memanfaatkan berbagai peluang bisnis di era digital saat ini. Melalui program Sisternet, XL Axiata akan memberikan berbagai pelatihan pemanfaatan teknologi digital. Literasi digital juga diberikan kepada para Santriwati serta perempuan pengelola UMKM di sekitar Pondok Pesantren Hidayatullah Depok.

Sebelumnya, XL Axiata juga telah melaksanakan program donasi laptop kepada kalangan pesantren di berbagai wilayah Indonesia. Total ada puluhan laptop yang telah dibagikan kepada tidak kurang dari total 39 pesantren, beserta sarana koneksi internet cepat 4G, termasuk paket kuota datanya. (*)

Reporter: Omer Ritonga
Editor: Imam Rahmanto