25 radar bogor

Mulai Pembangunan, Lapak Pedagang di Pasar Jambu Dua Dibongkar

Lapak pedagang di area Pasar Jambu Dua mulai dibongkar, Senin (13/3). (Radar Bogor/ Omer Ritonga)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah lapak pedagang yang berada di area Pasar Jambu Dua dibongkar, Senin (13/3). Pembongkaran bangunan semi permanen itu dengan menggunakan satu unit beko.


Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir mengatakan, pembongkaran lapak pedagang ini merupakan tahapan dari revitalisasi Pasar Jambu Dua. Seluruh pedagang telah pindah ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang terletak di belakang pasar.

“Hari ini kita mulai perapian, ada perluasan kanan kiri jalan. Jadi, kita bongkar dulu semuanya dari depan sampai ke belakang,” kata Muzakkir, Senin (13/3).

Dia menambahkan, pembongkaran lapak-lapak yang tersisa tersebut untuk memudahkan akses bagi pengunjung pasar ke lokasi TPS.

“Pembongkaran ini mungkin dua hari. Tahapan selanjutnya kita lakukan pemagaran, dan pembongkaran gedung pasar yang sekarang sedang proses lelang,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Pasar Jambu Dua.

“Jadi kalau dulu akses angkot dari jembatan ke arah kanan, nanti (ke kiri) keliling pasar. Tujuannya angkot bisa masuk ke penampungan di belakang dan untuk memudahkan pengunjung,” ungkapnya.

Muzakkir memperkirakan, pembangunan oleh pihak ketiga sudah mulai dilaksanakan setelah Idulfitri, usai rampungnya pembongkaran gedung pasar.

“Mungkin paling telat setelah lebaran sudah langsung pembangunan. Untuk pembongkaran gedungnya paling lama satu bulan,” kata Muzakkir.


Pasar Jambu Dua yang memiliki dua lantai nantinya akan mengakomodir 300 pedagang eksisting dan 800 pedagang dari Pasar Bogor. Lebih dari 1.100 los dan kios dibangun untuk menampung para pedagang itu.(*)

Reporter: Omer Ritonga
Editor: Imam Rahmanto