logo-radar-bogor

Michelle Yeoh, Orang Asia Pertama Peraih Penghargaan Oscar

AMERIKA-RADAR BOGOR, Aktris Michelle Yeoh mencetak sejarah baru di ajang Oscar 2023.

Bintang film Everything Everywhere All at Once itu berhasil membawa pulang piala penghargaan di Academy Awards tahun ini dan menjadi orang Asia pertama peraih penghargaan Oscar untuk kategori pemeran utama.

Penghargaan Oscar kali ini adalah pertama kalinya bagi Michelle Yeoh dalam rentang karirnya yang panjang dimana dia kerap bermain dalam film action dan martial arts seperti ‘Crouching Tiger Hidden Dragon’ dan ‘Yes, Madam.’

Avatar

Di atas panggung dalam pidato kemenangannya, Michelle Yeoh mengungkapkan kemenangan dirinya di ajang Oscar 2023 seharusnya bisa menjadi inspirasi atas terbukanya segala kemungkinan yang mungkin selama ini dianggap tidak mungkin.

“Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan,” kata Yeoh dilansir dari Variety, Senin (13/3).

Di atas panggung Academy Awards ke-95 yang digelar di Dolby Theatre di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (12/3) malam waktu setempat, Michelle Yeoh meyakinkan kaum perempuan bahwa mereka bisa mencapai prestasi dengan usaha yang serius dan tidak pernah menyerah.

“Ini adalah bukti bahwa mimpi memang menjadi kenyataan. Dan ladies, jangan biarkan siapa pun memberi tahu kamu bahwa kamu pernah melewati masa jaya. Jangan pernah menyerah,” tuturnya.

Kemenangan Michelle Yeoh untuk kategori Actress in a Leading Role didapatkan setelah berhasil unggul atas kompetitornya yang masuk dalam nominasi.

Mereka adalah Cate Blanchett untuk Tár, Michelle Williams (The Fabelmans), Andrea Riseborough (To Leslie) dan Ana de Armas (Blonde). Michelle Yeoh kini resmi menambah daftar perempuan Asia yang meraih penghargaan di Oscar. Sebelumnya ada Yuh-Jung Youn juga menang Oscar lewat film ‘Minari’ pada tahun 2022.

Kemudian ada Miyoshi Umeki lewat film Sayonara yang juga memenangkan Oscar pada 2021. Kendati demikian, Yeoh berhasil mencetak sejarah baru di Academy Awards lantaran dia merupakan orang pertama di Asia yang meraih penghargaan sebagai pemeran utama terbaik.

Yeoh mendedikasikan penghargaan Oscar yang diterimanya untuk sang ibunda dan juga semua ibu di dunia. “Mereka benar-benar pahlawan super. Tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini,” katanya. Saat hendak meninggalkan panggung, Michelle Yeoh berteriak. “Terima kasih Academy, ini adalah sejarah (baru) yang sedang dibuat,” katanya.(jp)