25 radar bogor

Meriahnya Lomba Wawasan Kebangsaan SMA Kosgoro, Diikuti Ratusan Peserta 

Lomba Wawasan Kebangsaan
Para pemenang Lomba Wawasan Kebangsaan antar SMP se-Kota dan Kabupaten Bogor, 23 Januari 2023.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan siswa/siswi SMP negeri dan swasta di kota dan Kabupaten Bogor, berkumpul di Aula Solidaritas SMA Kosgoro, untuk mengikuti pembukaan Lomba Wawasan Kebangsaan antar SMP se-Kota dan Kabupaten Bogor, 23 Januari 2023.

Lomba Wasan Kebangsaan tersebut, memperebutkan piala bergilir Walikota Bogor dan piala tetap Dinas Pendidikan, serta uang pembinaan.

Kegiatan yang berlangsung tahun kelima ini, dilaksanakan selama dua hari diikuti 111 peserta dari 12 sekolah dengan mata lomba cepat-tepat, lomba cipta baca puisi, lomba vocal grup, dan poster.

Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia, Hhymne SMA Kosgoro dan Mars SMA Kosgoro. Dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia H. Asep Turnawan, S.Pd., M.Pd., sambutan Kepala SMA Kosgoro  Herman Lasrin. S.P., M.Pd. dan sambutan dari Yayasan Dharma Setia Kosgoro Adri Wihanato, SE., M.M. sekaligus membuka lomba dan acara ditutup dengan doa.

Avatar

Lomba Wawasan Kebangsaan ini, dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan semangat kebangsaan bagi generasi muda terutama siswa/siswi SMP, menumbuhkan cinta terhadap bangsa dan negaranya, menambah wawasan kebangsaan, serta memperkenalkan SMA Kosgoro sebagai sekolah yang berwawasan kebangsaan dan lingkungan serta keunggulan teknologi.

Sehingga, semua jenis lomba dititik beratkan pada cinta tanah air bangsa dan negaranya. Lomba cepat tepat pertanyaan seputar Pancasila, bela negara, UUD 45, pemerintahan, lagu daerah, pahlawan, rumah adat, dan lain-lain. Vocal grup menyanyikan lagu wajib dan lagu daerah. Demikian pula cipta baca pusi dan poster bertema cinta bangsa dan tanah air.

Perlombaan yang berlangsung selama dua hari ini cukup meriah dan menegangkan, terutama pada lomba cepat tepat mulai babak penyisihan sampai final. Kemeriahan semakin meningkat seiring dengan selingan yang menampilkan talenta-talenta terbaik SMA Kosgoro.

Seperti tampilan tari jaipong oleh Adhisty dari kelas 10-2. Adhisty merupakan penari internasional yang meraih medali emas di lomba tari di Thailand Desember 2022 lalu. Selain itu, ada tampilan angklung dan band SMA Kosgoro. Beberapa guru pendamping beserta para siswa/siswi dari beberapa SMP ikut pula menyumbangkan suara emasnya.

Lomba yang berlangsung 24 dan 25 Januari ini, SMP Insan Kamil merebut juara umum dengan perolehan juara 1 lomba cipta baca puisi, juara 1 vocal grup dan juara 2 cepat tepat. Hasil Lomba Wawasan Kebangsaan tahun 2022:
Lomba cepat tetap : Juara 1 SMP Regina Pacis, Juara 2 SMP Insan Kamil, Juara 2 SMPN 2 Bogor, dan Juara Harapan SMP Bahrul Ulum.

Lomba Vocal grup: Juara 1 SMP Insan Kamil, Juara 2 SMPN 10 Bogor, dan Juara 3 SMPN 11 Bogor. Lomba Cipta baca puisi : Juara 1 Ratu Sakinah dari SMP Insan Kamil, Juara 2 Madu Azza dari SMPN 11 Bogor, dan Juara 3 Athaya Syifa dari SMPN 15 Bogor.

Lomba Poster: Juara 1 Alesha Zahra Putri dari SMPN 10 Bogor, Juara 2 Mirza M. Rachman dari SMPN 3 Cibinong, dan Juara 3 Laquisha Zahra dari SMP Kosgoro. (ran)

Editor : Yosep