25 radar bogor

Kunker ke Jerman, Bima Arya Belajar Pengembangan ASN Hingga Layanan Publik

Bima Arya soal WFH Bagi ASN
Bima Arya soal WFH Bagi ASN di Pemkot Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor, Bima Arya diagendakan akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Jerman pada 13-16 Maret 2023.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini, mewakili delegasi pemerintah daerah untuk belajar pengembangan kompetensi ASN, pembangunan berkelanjutan, dan layanan publik di Jerman.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bogor, Hidayatullah menyampaikan, agenda ke Jerman ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dengan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) Jerman Perwakilan Indonesia dan Timor Leste.

Avatar

Baca Juga:

Cek TPT di Batutulis, Bima Arya Minta Perbaikan Lebih Cepat

“Pak Wali di undang sebagai Ketua APEKSI bersama kepala daerah lain dan rombongan BPSDM Kemendagri,” kata Hidayatullah.

Dia memaparkan ada 4 output program. Pertama, informasi tentang implementasi metode dan program pengembangan kompetensi aparatur yang telah diterapkan oleh Pemerintah Jerman.

Kedua, analisis efektivitas penerapan pengembangan kompetensi aparatur dalam meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan pelayanan publik di Pemerintah Jerman.

Ketiga, bersinergi dalam meningkatkan kompetensi aparatur dalam rangka meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan mewujudkan pelayanan publik yang optimal.

Keempat, rekomendasi program untuk meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan pelayanan publik melalui peningkatan kompetensi aparatur.

“Metode kegiatan kunker ke Jerman Timur ini berupa desk study dan field study, mini workshop, action plan,” katanya.

Delegasi pemerintah daerah yang turut serta yakni Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, Kepala BPSDM Provinsi DKI Jakarta, Mochamad Miftahulloh Tamary dan delegasi dari Kemendagri.

Rombongan akan bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintahan dan anggota legislatif Jerman serta beberapa narasumber lain, termasuk akademisi dan praktisi yang berkaitan dengan tema. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep