25 radar bogor

468 ASN Baru Dilantik, Pemkab Bogor Tuntut Berani Inovasi

Pemerintah Kabupaten Bogor melantik ratusan ASN yang lulus di wilayahnya, Senin (13/3/2023). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 468 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi di lingkungan Pemkab Bogor dilantik dan disumpah menjadi PNS.

Ratusan PNS baru tersebut terdiri dari 99 tenaga teknis, 363 tenaga kesehatan, 2 lulusan STTD dan 5 lulusan STPDN.

Sebanyak 421 PNS juga diangkat dan diambil sumpah janji jabatan fungsional. Mereka terdiri dari 52 pegawai dalam jabatan fungsional teknis, 365 pegawai dalam jabatan fungsional kesehatan diangkat melalui pengangkatan pratama. Lalu, 4 pegawai yang diangkat ke dalam jabatan fungsional melalui mekanisme inpassing.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan kepada 468 PNS tersebut untuk membangun birokrasi yang kuat dan mengabdi sepenuh hati untuk memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat.

“Kita perlu ASN yang kompeten, saya minta ASN baru ini bisa membangun birokrasi yang kuat dan memberikan pelayanan yang prima, di era serba maju, serba cepat, serba digital yang terus bergejolak,” ujarnya usai pelantikan di Gedung Tegar Beriman, Senin (13/3).

Iwan juga mengingatkan pentingnya kolaborasi dalam bekerja untuk membangun integritas sebagai tim. Sebagai strategi dalam mewujudkan layanan masyarakat yang prima, serta tercapainya target pembangunan sesuai yang diharapkan.

“Sebagai ASN muda, saya harap semua mengabdi sepenuh hati dan sepenuh kekuatan. Berani membuat perubahan, berinovasi, serta berkolaborasi untuk mendorong birokrasi bergerak lebih lincah, berlari cepat, dan berkinerja tinggi, layaknya anak muda,” tuturnya.

Dia juga meminta untuk terus meningkatkan kapasitas diri, pengetahuan, dan literasi, junjung tinggi core values ASN Indonesia yaitu berakhlak (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif).

“Untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, mewujudkan cita-cita birokrasi berkelas dunia yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat, bangsa dan negara,” imbuhnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan menerangkan, ada 468 orang CPNS yang disumpah janji menjadi PNS serta 421 yang diangkat dan diambil sumpah janji menjadi jabatan fungsional.

“Selain melakukan sumpah janji pengangkatan PNS dan jabatan fungsional, selanjutnya dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati pengangkatan CPNS menjadi PNS dan surat SK Bupati tentang pengangkatan jabatan fungsional kepada PNS,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto