25 radar bogor

Perumda Tirta Pakuan Tangani Dua Kebocoran Pipa Sekaligus

BOGOR-RADAR BOGOR, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor menangani dua kebocoran pipa besar di Cibalagung, Jalan Aria Surialaga, Kecamatan Bogor Barat.

Dua kebocoran pipa diameter 12 inch tersebut berhasil diperbaiki dengan meminimalisir dampak gangguan pelayanan kepada pelanggan di zona 3 B.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf mengatakan, saat mengetahui ada informasi kebocoran, tim langsung terjun ke Cibalagung untuk melakukan perbaikan dua kebocoran.

Kebocoran di titik pertama bisa ditangani secara cepat yakni pada pipa PVC diameter 12 inch. Namun, untuk kebocoran di titik kedua diperlukan perbaikan selama dua hari lantaran kesulitan karena titik kebocoran berada di posisi bend atau tikungan pipa.

“Dua titik kebocoran ini berdampak di wilayah pelayanan zona 3 B. Dimana wilayah pelayanan saat ini sekitar Sindang Barang, Loji, Gunung Batu dan sekitarnya,” kata Ardani kepada wartawan, pada Minggu (12/3) pagi.

Menurut Ardani, dalam menangani kebocoran pipa, pihaknya sudah mencoba menggunakan material gibolut, hanya saja karena tekanan tinggi disebabkan aliran jalur ini menggunakan pompa sehingga kembali terjadi bocor pada Jumat 10 Maret 2023.

Ardani menjelaskan, karena itu oleh tim akan diganti menjadi pipa HDPE, tetapi hal itu tentunya memerlukan waktu untuk mengganti. Atas hal itu, Tirta Pakuan membuka dahulu aliran ke pelanggan secara normal, sambil tim melakukan pelebaran galian agar tidak terlalu berdampak kepada pelayanan pelanggan.

“Setelah selesai pelebaran galian sehingga terbuka secara keseluruhan, baru tim akan mengganti pipa dan menutup kembali galian,” papar dia.

Ardani menegaskan, untuk mengantisipasi gangguan, tim sudah bekerjasama dengan direktorat umum Tirta Pakuan untuk menyiapkan armada mobil tangki apabila ada permintaan air dari masyarakat di wilayah yang terdampak.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto