25 radar bogor

Momen HBP ke-59, Bapas Bogor Siap Bersinergi Bimbing Warga Binaan

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pekan Olahraga Pemasyarakatan resmi dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly secara virtual. Itu memperingati rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59.


Kegiatan bertajuk “National Inmates Sports Day” ini diikuti oleh Seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia secara virtual.

Berlanjut dengan sejumlah kegiatan olahraga dan permainan tradisional yang diikuti oleh warga binaan dan 43 duta besar, perwakilan Sekretariat ASEAN, perwakilan UNODC serta beberapa Duta Besar Negara.

Menkumham Yasonna H Laoly menyampaikan, warga binaan memiliki kesempatan untuk kembali menjadi masyarakat yang berkualitas, selaras dengan tujuan dari sistem pemasyarakatan.

“Saya berterima kasih atas dukungan dari negara sahabat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan di Indonesia,” kata Yasonna.

Kepala Bapas (Kabapas) Kelas II Bogor Teolina Saragih menghadiri kegiatan tersebut secara virtual. Ia menyampaikan dukungan dan sinerginya terkait dengan tugas dan fungsi Bapas.

“Dengan HBP ke-59 diharapkan ketiga komponen yang berpengaruh terhadap keberhasilan dalam pembimbingan klien pemasyarakatan dapat bersinergi dengan lebih baik lagi,” ucap Teolina.

Ketiga komponen tersebut meliputi petugas Bapas, masyarakat/ stakeholders, dan klien itu sendiri. Diharapkan tujuan pembimbingan baik kepribadian maupun kemandirian dapat tercapai.


Ia juga menambahkan, pelaksanaan pendampingan dan pengentasan anak yang terjerat pelanggaran hukum anak dapat lebih bersinergi dengan aparat hukum lain. Itu agar dapat mencapai upaya terbaik dan dampaknya dapat dirasakan oleh semua elemen masyarakat.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto