25 radar bogor

Mahasiswa UNB Bantu Wujudkan Ekonomi Lingkungan Warga Sukajaya

Mahasiswa KKNT UNB Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswa Universitas Nusa Bangsa (UNB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Mereka sekaligus mendukung kemajuan ekonomi masyarakat dan lingkungan itu.

Beberapa kegiatan dilaksanakan kelompok tiga KKNT itu. Mulai dari pembuatan film promosi wisata Curug Sawer, reboisasi lahan kosong, hingga pengelolaan sampah organik melalui agen biokonversi maggot.


Ketua Kelompok 3 KKNT Hiysman Noorfallah mengatakan, masing-masing kegiatan itu bertujuan memberikan manfaat secara ekonomi bagi warga desa, juga pelestarian lingkungan untuk kehidupan manusia.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rumna menjelaskan, kegiatan mahasiswa lebih diarahkan pada peningkatan ekonomi masyarakat dan lingkungan sekitar desa.Sebagai contoh, terdapat potensi desa wisata Curug Sawer, kelompok tiga membuatkan video untuk promosi melalui digital marketing menggunakan YouTube.

Kegiatan lainnya adalah pengelolaan sampah organik melalui agen biokonversi maggot skala rumahan sebagai alternatif sumber ekonomi masyarakat, serta reboisasi lahan kosong.

“Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh warga desa, hal ini terlihat dari antusiasme warga desa membantu kami untuk mensukseskan program tersebut,” Kata Hiysman.

Sebagai pemuda yang memiliki semangat tinggi, program ini dapat menjadi penghubung antara kearifan lokal dengan kebutuhan wisatawan.

Hal itu bertujuan melakukan peningkatan perekonomian desa dan pengembangan tempat wisata, serta meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya anak-anak dan pemuda pemudi Desa Sukajaya untuk menjaga kelestarian lingkungan atau alam sekitar. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto