25 radar bogor

Jembatan Sementara Cikereteg Rampung, Besok Diuji Coba

Jembatan sementara atau bailey Cikereteg, jalur Bogor - Sukabumi. (Twitter)

CARINGIN-RADAR BOGOR, Warga Caringin maupun Ciawi kini tak perlu mengunakan jalan alternatif lagi. Pasalnya, pemasangan bailey atau jembatan sementara Cikereteg sudah rampung, Minggu (12/3).

Hal itu dibenarkan Camat Caringin, Rismawan. Pria yang akrab disapa Eris ini mengatakan, dalam waktu dekat, warga bisa mulai melintasi jembatan itu.


“Insyaallah besok (Senin), pukul 10.00 WIB akan diuji coba,” paparnya.

Sementara itu, hasil uji coba akan menjadi penentu seberapa lama jembatan bailey akan dibuka. “Jika sudah dirasa aman, secepatnya akan dibuka,” tandasnya.

Penerapannya akan dilakukan buka tutup untuk kedua arah dari arah Bogor ke Sukabumi, maupun sebaliknya. Adapun kendaraan yang boleh melewati Jembatan Cikereteg hanya kendaraan kecil maksimal muatan 2 ton.

Sementara itu, warga Cikereteg, Syaiful merasa senang dengan rampungnya jembatan sementara itu. Lantaran ia cukup tersiksa saat jembatan Cikereteg ambles dan jalanan ditutup total.

“Mudah-mudahan besok sudah bisa dibuka untuk umum,” harapnya.

Seperti diketahui, tanah longsor terjadi di Jembatan Cikereteg yang merupakan jalur Bogor-Sukabumi, akhir Februari lalu. Akibatnya, warga yang biasa melintasi jalur tersebut terpaksa menggunakan jalur alternatif dan Tol Bocimi.(*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto