25 radar bogor

Kisah Dokter Rayendra : dari Praktik Kecil-kecilan hingga Punya Tiga Klinik

Raendi Rayendra
dokter Raendi Rayendra.

BOGOR – RADAR BOGOR, Peran orangtua amatlah vital dalam membentuk masa depan anak-anak mereka. Hal ini dialami Raendi Rayendra, hingga sukses berprofesi dokter dan dosen di UIN Jakarta.

Dokter spesialis kulit dan kelamin ini, tumbuh besar di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Menempuh pendidikan SD hingga SMA di Kota Bogor, lalu meraih 4 ijazah dari Universitas Padjajaran, Bandung.

Raendi Rayendra lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang ASN di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Avatar

Baca Juga:

Mengenal Sosok Raendi Rayendra: Bekerja 18 Jam Dalam Sehari

Pada masa remaja, Rayendra yang lahir pada 27 Maret 1978, tak pernah bercita-cita menjadi seorang dokter. Kala itu, dirinya justru ingin menjadi juru masak (chef).

“Sebetulnya, saat saya lulus SMA maunya jadi chef. Tapi, papa mau saya ingin jadi dokter,” kenang Raendi Reyandra.

Diakui, profesi chef saat itu tergolong masih minim atau langka. Seingatnya, baru Rudy Choirudin. Namun, ayahanda meyakinkan Raendi Rayendra dengan pemikiran yang simple.

“Beliau (papa) selalu bilang begini, ‘kalau kamu jadi dokter paling tidak kamu enggak susah nyari kerja’,” ujar Rayendra mengenang pernyataan ayahanda.

Namun, ada faktor utama yang diyakini orangtuanya bahwa Raendi Rayendra kelak menjadi seorang dokter. Hal inilah yang membuat Rayendra “nurut” keinginan ayahanda.

“Jadi, papa saya bilang begini, “Gua punya anak empat tapi yang punya potensi (jadi dokter), kamu”. Kalau saya mah nggak berpikir kalau saya punya potensi. Memang, orangtua punya insting yang kuat. Akhirnya saya diarahkan dan menjadi dokter,” urainya.

Kini, Dokter Raendi Rayendra memiliki tiga klinik kecantikan yang dibangun secara mandiri. Kesuksesan yang diraih pun tak instan.

Avatar

Baca Juga:

Dokter Raendi Rayendra : Bagi Saya Kerja Adalah Healing

Awalnya, ayah empat anak ini buka praktik “kecil-kecilan” di sebuah apotek dan rumah sakit di Kota Bogor. Hampir 11 tahun ditekuninya.

Pengalaman inilah yang membuat suami dari Siti Rahmah Fitria itu, membuat klinik kecantikan bernama “Rayendra Dermatology & Aesthetic Center” pada 2013, yang kini memiliki tiga cabang. Dua cabang di Kota Bogor dan satu cabang di Kota Tangerang Selatan.

“Alhamdulillah. Saya itu orangnya suka tantangan dan selalu terus berupaya mengembangkan potensi diri,” demikian tutur Dokter Raendi Rayendra. (*)

Editor : Yosep