25 radar bogor

Gandeng Cabor Selam dan Atletik, Lawang Salapan On Skate Club Punya Target Ini

Lawang salapan
Para atlet bersama pelatih, dan pengurus Lawang Salapan On Skate Club foto bersama. (Ruri/Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR, Cabang olahraga sepatu roda makin mendapat tempat di hati masyarakat Kota Bogor. Seiring prestasi yang dicapai para atlet pada Pekan Olahraga Provinsi Daerah (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 lalu. Dan sejumlah pencapaian pada turnamen-turnamen sebelumnya. 

Kota Bogor pun kini memiliki sejumlah klub sepatu roda, untuk menampung minat dan bakat calon-calon atlet “Kota Hujan”. Salah satunya Lawang Salapan On Skate Club,  yang baru melakukan launching di LoeMau Beauty Cafe di Jalan Tumenggung Wiradireja Nomor 33, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jumat (10/3/2023) tadi malam.

Lawang Salapan On Skate Club telah memiliki 15 atlet. Baru ada satu nomor yakni speed. Dengan jadwal berlatih pada Jumat mulai pukul 14.00-16.00 WIB di Lapangan Kresna Bantarjati. Kemudian Sabtu dan Minggu pukul 10.00-12.00 WIB di Borta Blok F Pasar Kebon Kembang. 

Baca Juga : Perserosi Bakal Gelar Kejuaraan Sepatu Roda Bogor Open I

Salah satu Founder Lawang Salapan On Skate Club, Aprilia Alam, mengatakan bahwa pihaknya memiliki tujuan bukan hanya membina atlet untuk meraih prestasi saja. Tapi juga menanamkan pendidikan budi pekerti. 

Selain itu, Lawang Salapan Inline Skate juga tak hanya fokus pada sepatu roda saja. Tapi juga ada kelas pengembangan bakat seperti public speaking. 

“Jika mereka sudah tak lagi menjadi atlet, bisa beralih profesi sebagai MC misalnya. Jadi, atlet harus ditunjang dengan kemampuan komunikasi yang baik,” ujarnya kepada awak media.

Menariknya lagi, Lawang Salapan On Skate Club juga menggandeng dua cabor berbeda dalam mengembangkan kemampuan para atletnya. Yakni Mila Kancana Dive Center, dan Pengurus Cabang Olahraga Atletik Seluruh Indonesia (Pengcab PASI) Kota Bogor, yang saling berkesinambungan. 

Untuk selam akan dilatih pernafasan agar para atlet sepatu roda memiliki kemampuan mempertahankan kecepatannya. Sedangkan atletik diperlukan untuk penguatan tungkai kaki, agar tetap stabil saat mengendalikan sepatu roda.

“Untuk MoU sudah kami lakukan. Selam akan berlatih di (kolam renang) Mila Kancana,” sebut Aprilia.

Sementara itu, Ketua Pengcab Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Kota Bogor, Eryko Bakti mengapresiasi berdirinya Lawang Salapan On Skate Club, sebagai ikhtiar dari pengembangan dan pembinaan prestasi olahraga sepatu roda. 

Pria yang didapuk sebagai pembina Lawang Salapan On Skate Club ini memberikan garansi kepada atlet sepatu roda, yang bakal memiliki masa depan cerah jika konsisten menyumbangkan prestasi bagi Kota Bogor. Bagi di ajang Porrpov Jabar, Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga turnamen berskala internasional. 

“Sesuai Perda Olahraga, mendapatkan medali emas dalam dua kali Porprov Jabar, akan dapat apresiasi dari Pemerintah Kota Bogor dengan bekerja di BUMD,” tukasnya. (rur)

Editor : Ruri Ariatullah