25 radar bogor

Awal Musim Kemarau di Jawa Barat Diprediksi Maret, Puncaknya Agustus

Ilustrasi musim kemarau di Desa Citeureup
Ilustrasi musim kemarau

BANDUNG-RADAR BOGOR, Musim kemarau di Jawa Barat pada tahun ini diprediksi lebih kering dari biasanya. Menurut prediksi BMKG, awal musim kemarau di Jawa Barat akan dimulai dari daerah pantai utara atau pantura ke selatan pada kisaran Maret 2023 dasarian dua hingga tiga.

Bahkan, beberapa daerah akan mengawali musim kemarau lebih cepat dari biasanya. “Potensi kekeringan akan mengikuti dan lebih panjang waktunya,” kata Koordinator Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Hadi Saputra, secara daring Sabtu (11/3/2023).

BMKG memprediksi, sebagian besar wilayah di Jawa Barat akan mengalami musim kemarau lebih kering dari biasanya atau bersifat kemarau di bawah normal, dengan daerah meliputi Bekasi selatan, Bogor, sebagian besar Sukabumi, Cianjur utara dan selatan, sebagian besar Bandung, sebagian besar Purwakarta, Karawang selatan, Subang selatan, Indramayu selatan, sebagian besar Sumedang.

Avatar

Baca Juga:

Bulan Ramadan Sudah Masuk Musim Kemarau, BMKG Prediksi Lebih Kering

Kemudian Majalengka bagian tengah, sebagian Cirebon, Kuningan bagian barat laut dan utara, sebagian besar Ciamis, Kota Banjar, Garut bagian tengah, timur, dan tenggara, serta sebagian besar Tasikmalaya, dan Pangandaran. “Puncak musim kemarau secara umum pada Agustus di 76 persen wilayah Jawa Barat,” ujarnya.

BMKG mengimbau, masyarakat untuk lebih mewaspadai kejadian cuaca ekstrem, seperti hujan es, hujan lebat durasi singkat yang dapat disertai kilat dan angin puting beliung pada masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Tidak hanya bencana, perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat imunitas seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit.

Selain itu, menjelang akhir musim hujan, masyarakat dapat melakukan panen air hujan, dan mengisi waduk atau danau yang berguna untuk periode musim kemarau tahun ini. (net)

Editor : Yosep