25 radar bogor

Alfamart Bersama Bank Sampah Matahari, Ajak Ibu-Ibu Mengolah Limbah

Alfamart
Alfamart bersama Bank Sampah Matahari melatih puluhan ibu-ibu warga Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong , Kabupaten Bogor, pengolahan sampah dan limbah rumah tangga menjadi produk bernilai ekonomi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan ibu-ibu warga Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong , Kabupaten Bogor, mendapatkan pelatihan pengolahan sampah dan limbah rumah tangga menjadi produk bernilai ekonomi, dari Alfamart bersama Bank Sampah Matahari.

Sekretaris Bank Sampah Matahari sekaligus Narasumber pelatihan, Ratri mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengasah kreativitas para ibu-ibu melalui kegiatan mengolah limbah rumah tangga.

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata sebagai peduli terhadap lingkungan, namun juga bisa dapat menambah penghasilan dari kreativitas mengolah limbah ini menjadi sabun cuci,” kata Ratri di Bogor, Kamis (9/3/2023).

Avatar

Baca Juga:

Alfamart Gelar Donor Darah, Rutin Bantu Stok Darah

Ratri menambahkan, pihaknya berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau yang dikenal Alfamart dalam kegiatan tersebut.

Para ibu-ibu diajarkan mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci. Ratri menjelaskan, proses mengolah limbah jelantah menjadi sabun bisa dibilang mudah.

Pertama, jelantah bekas dibersihkan dengan cara direndam arang untuk menghilangkan bau anyir yang menempel. Kedua, aduk dengan soda api dengan takaran yang sudah ditentukan, aduk hingga bercampur.

“Bisa juga menambahkan air pandan atau air lemon untuk memberi aroma wangi alami dan juga pewarna makanan agar tampilannya menjadi lebih cantik,” ujar Ratri.

Salah satu peserta pelatihan, Nisa mengatakan, pengolahan minyak jelantah menjadi sabun terbilang cukup mudah untuk dipelajari dan dipraktikkan. “Tapi harus hati-hati dalam mengolah dan mengaduk campuran bahannya agar hasilnya bagus,” ujar Nisa.

Branch Manager Alfamart Bogor, Putut D. Susilo menjelaskan, kegiatan itu selain menanamkan rasa peduli akan lingkungan hidup tentunya juga mengajarkan ibu-ibu bisa lebih kreatif dan produktif, yang mana bisa menghasilkan dari limbah rumah tangga yang tidak terpakai.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut ibu-ibu mampu menambah dan mengasah keterampilan melalui kegiatan yang dapat menjadi sumber penghasilan secara mandiri.

Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan perempuan yang bertujuan memberikan tambahan keterampilan.

“Jika konsisten dan tekun, keterampilan ini dapat dijadikan tambahan penghasilan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tutur Putut.

Evie selaku Lurah Nanggewer, mengapresiasi pihak swasta dalam berkolaborasi membuat kegiatan pelatihan daur ulang seperti ini.

“Terima kasih sekali kepada Alfamart, yang mau berkolaborasi dengan Bank Sampah Matahari Kelurahan Nanggewer untuk mengajarkan ibu-ibu mengenai pelatihan pembuatan sabun dari minyak jelantah,” tuturnya. (unt)

Editor : Yosep