25 radar bogor

Sudah Penuh, Pasar Tanah Baru Siap Sokong Kebutuhan Pinggir Kota

pasar tanah baru
Pembangunan Pasar Tanah Baru di Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, terus digeber. Pembangunannya hampir rampung dan bakal dibuka tahun ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Setelah rampung direvitalisasi, Pasar Tanah Baru di Kecamatan Bogor Utara siap dibuka dan beroperasi pada April 2023.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Muzakkir Abdullah menuturkan, saat ini seluruh kios dan los Pasar Tanah Baru sudah terisi penuh. Pihaknya mencatat ada sekira 140 pedagang yang akan berjualan di sana.


“Jumlah tersebut didominasi pedagang pangan seperti sayuran dan kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa pedagang pakaian namun tidak banyak,” tuturnya kepada Radar Bogor, Jumat (10/3).

Pasar ini diharapkan Muzakkir dapat menyokong kebutuhan masyarakat yang berada di sekitar Kecamatan Bogor Utara. Dengan begitu masyarakat tidak perlu lagi ke pusat kota untuk berbelanja sayuran.

Upaya tersebut bertujuan agar masyarakat tidak ketergantungan dengan keberadaan Pasar Bogor yang akan bongkar pada tahun ini.

Penambahan beberapa aspek diberikan PPJ dalam revitalisasi tersebut di antaranya akses jalan, parkir, saluran air, hingga penambahan kios dan los.

“Konsep yang digunakan adalah pasar rakyat dengan pengelolaan yang lebih menyerupai pasar modern,” ujar Muzakkir.

Revitalisasi yang sudah berlangsung sejak tahun lalu ini menggunakan dua sumber anggaran. Untuk bangunan pasar utama merupakan bantuan dari kementerian dengan anggaran Rp3,6 miliar. Sementara pembangunan tambahan berasal dari anggaran Perumda PPJ tahun 2022 senilai Rp1,9 miliar.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto