logo-radar-bogor

Luncurkan Big Data UMKM, Kadin Bantu Pemkab Bogor Petakan Kebijakan

Rapimkab II Kadin Kabupaten Bogor di di Sentul Highlands Golf Club, Babakan Madang, Kamis (9/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor meluncurkan program UMKM Satu Data.


Program Big Data tersebut nantinya akan terintegrasi dengan data UMKM Pemerintah Kabupaten Bogor, yang menjadi landasan dalam kebijakan serta kemajuan UMKM di Kabupaten Bogor.

Ketua Kadin Kabupaten Bogor, Sintha Dec Checawati mengatakan, UMKM Satu Data merupakan hasil kajian Kadin yang sebelumnya menyadari belum adanya data UMKM yang terintegrasi dan menjadi rujukan.

“Sehingga kebijakan untuk UMKM tidak maksimal, harapan kami big data ini menjadi peta untuk mengembangkan UMKM di Kabupaten Bogor,” ucapnya dalam Rapimkab II Kadin Kabupaten Bogor di di Sentul Highlands Golf Club, Babakan Madang, Kamis (9/3).

Dalam mengembangkan big data ini, Shinta meminta adanya keterlibatan antara seluruh stakeholder terkait. Dengan begitu, data mengenai UMKM Kabupaten Bogor saling terintegrasi dan menjadi acuan dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan UMKM.

Di samping itu, Shinta menjelaskan, pihaknya juga mengevaluasi tugas, peran dan fungsi Kadin Kabupaten Bogor serta menyusun program kerja yang akan dilaksanakan.

Sebagai pihak yang terlibat dalam Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID), Kadin ingin menguatkan hubungan antara para pelaku usaha dengan pemerintah di tengah ancaman krisis global.

“Dengan kolaborasi, kita harapkan bisa ada solusi, untuk bagaimana semua lini usaha itu bisa berjalan, membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, sehingga bisa kita pecahkan secara bersama,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan akan menangkap dan menindaklanjuti dari peluncuran UMKM Satu Data ini. Nantinya, data yang dimiliki Kadin harus terintegrasi dengan data yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Data yang kita miliki dengan data Kadin harus terintegrasi, sehingga jelas bagaimana kita bisa memetakan kebijakan untuk UMKM di Kabupaten Bogor,” ungkap Iwan.

Avatar

Baca Juga:

Bima Arya Segera Lantik Dua Kadis Baru Andalannya


Dia berharap, Kadin terus berperan dalam membantu memperkuat sektor UMKM serta melanjutkan berbagai program kegiatan dalam gerakan kemitraan inklusif.

“Membantu UMKM mendapatkan mitra, akses pasar dan pembiayaan agar UMKM bisa naik kelas sekaligus menjaga perekonomian tetap tumbuh,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto