25 radar bogor

Legislator DPR RI Gelar Bimtek UU Perlindungan Konsumen di Dramaga

Anggota DPR RI Elly Yasin bersama Kementerian Perdagangan mensosialisasikan Undangan-Undang Perlindungan Konsumen di Aula Kecamatan Dramaga.

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Maraknya transaksi Digital ditengah masyarakat anggota DPR RI Elly Yasin bersama Kementerian Perdagangan mensosialisasikan Undangan-Undang tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) di Aula Kecamatan Dramaga.

Anggota Komisi IV DPR RI Elly Yasin mengungkapkan, di era modern ini banyak masyarakat yang belanja secara online, karena lebih mudah dan praktis.


“Tapi, kerap terjadi ada barang di toko online yang tidak terdaftar dan banyak konsumen yang dirugikan karena barang pesanannya tidak sampai,” ucapnya.

Elly menilai sangat penting mensosialisasikan tentang UUPK. Selama ini masyarakat tidak mengetahui adanya lembaga pemerintah yang menangani persoalan perlindungan konsumen.

“Saat mensosialisasikan ke masyarakat tentang perlindungan konsumen dibahas juga bagaimana mengangkat berbagai permasalahan yang sering kali ditemui di lapangan,” kata Elly.

Dia menambahkan, sengketa konsumen yang paling banyak terjadi disebabkan dengan adanya ketidakseimbangan antara hak pelaku usaha dengan konsumen.

“Jika berbelanja di toko online yang terdaftar dan mengalami kendala bisa di lacak dan komplain. Karena, sangat penting mensosialisasikan ke masyarakat tentang undang -undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto