25 radar bogor

Aktif Perangi Narkoba, PKK Desa Gunung Putri Diganjar Penghargaan

TP PKK Desa Gunung Putri mendapatkan penghargaan dari BNN Provinsi Jawa Barat. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

GUNUNG PUTRI-RADAR BOGOR, Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sudah merambah ke tingkat pedesaan di Kabupaten Bogor. Peningkatan perekonomian menjadikan desa sebagai potensi pasar bagi para bandar narkoba.


Untuk mengantisipasi itu, berbagai upaya terus dilakukan. Di antaranya dengan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) yang dicanangkan di setiap desa.

Salah satunya, Desa Gunung Putri yang melakukan tindak pencegahan melalui ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Ibu-ibu di Desa GunungPutri itu memberikan edukasi dan memperkuat pertahanan keluarga yang ada di wilayahnya. Saat ini, progam IBM di Desa Gunung Putri sudah mencapai fase prima.

Hal ini pula yang membuat TP PKK Desa Gunung Putri mendapatkan penghargaan dari BNN Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulilah, kemarin kita mendapatkan penghargaan atas capaian itu dari BNN Provinsi Jawa Barat,” ujar ketua TP PKK Desa Gunung Putri, Kiki Zakiyah, Kamis (9/3).

Wanita kelahiran 17 Februari 1978 itu menuturkan, penghargaan itu diharapkan menambah motivasi bagi Desa Gunung Putri untuk terus menghalau peredaran narkoba.

“Ini pencapaian bersama. Mulai dari tim Intervensi Berbasis Masyarakat, tim Satgas Narkoba Desa, Agen pemulihan, Agen Ketahanan keluarga di Desa Bersinar (Bersih Narkotika) Desa Gunungputri,” paparnnya.


Masalah narkoba, kata dia, merupakan masalah yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Tidak bisa dilakukan sendirian. “Untuk itu kami terus turut andil dalam memerangi Narkotika,” tegasnya.(*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto