25 radar bogor

Underpass Sholis Diperbaiki Bulan Ini, Lalu Lintas Ditutup Sebagian

Underpass Sholis
Sambungan Underpass Sholis bakal diperbaiki bulan ini. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, bakal memperbaiki jalur Underpass Sholis (Jalan Sholeh Iskandar), Kecamatan Tanah Sareal.

Hal itu lantaran kondisi sambungan Underpass Sholis yang semakin mengkhawatirkan. Plat besi yang menutup saluran air tampak semakin cekung, sehingga menimbulkan hantaman bagi pengendara yang melintas. Rusaknya sambungan bahkan kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN 5.2 DKI Jakarta-Jawa Barat, Adrianto Putra Prasetyo menjelaskan sambungan besi tersebut, nantinya akan diganti dengan box beton. Lalu ditutup kembali dengan beton.

Avatar

Baca Juga:

Kerap Makan Korban, Penutup Drainase Jalan Sholis Diperbaiki Maret

Pembangunan direncanakan pihaknya dimulai pada Maret 2023. Namun Adrianto belum dapat memastikan waktu pasti dimulainya pekerjaan perbiakan Underpass Sholis itu.

“Sementara kami masih menunggu finalisasi desain dari Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Jawa Barat. Jadi kami belum bisa proses tendering,” ucapnya saat dihubungi Radar Bogor, Rabu (8/3/2023).

Adrianto menyebut, perbaikan akan dilaksanakan secara bertahap. Pihaknya akan memperbaiki sebagian lajur terlebih dahulu secara paralel dengan ruas jalan sebelahnya.

Oleh karena itu, akan ada penutupan sebagian lajur saat proses pembangunan berlangsung. Dirinya memprediksi penutupan akan berlangsung selama 2-3 minggu di setiap sisinya.

“Saat pertemuan dengan Pemerintah Kota beberapa waktu lalu, kami sudah berkoordinasi dengan Wakil Wali Kota, Dinas Perhubungan, dan Dinas PUPR mengenai rencana ini. Tidak akan ditutup total melainkan sebagian jalan saja,” jelasnya.

Adrianto belum dapat menyebut target penyelesaian pekerjaan. Namun untuk mempercepat pengerjaan proyek, pihaknya akan dikerjakan pada waktu siang dan malam hari.

Saat disinggung soal langkah antisipasi kecelakaan di Underpass Sholis saat ini, Adrianto menyebut sudah memasang rambu dan rumble strip agar pengendara mengurangi kecepatan dan berhati-hati ketika melintas.

“Itu kami berikan sebagai langkah preventif. Selain itu kami juga memantau setiap hari lokasi ini jika ada pergeseran maka akan kami perbaiki,” janjinya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep