25 radar bogor

Timnas U-20 Tersingkir di Piala Asia, STY Sebut Ini Kekurangan Garuda Nusantara

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-20 bermain imbang dengan Uzbekistan U-20. (AFC)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong sebut timnya punya aspek yang kalah dari kontestan lain di ajang Piala Asia U-20 2023.

Menurutnya, kekurangan yang paling terlihat jelas dari Timnas Indonesia U-20 adalah kondisi fisik yang kalah jauh dari lawan-lawannya di Grup A.

Hal tersebut menyusul hasil imbang yang diraih usai menahan imbang tim tuan rumah Uzbekistan.

Baca Juga : Timnas U-20 Indonesia Bakal Diguyur Bonus Jika Menang Lawan Uzbekistan

Indonesia U-20 tersingkir dari Piala Asia U-20 2023 setelah bermain imbang 0-0 dengan Uzbekistan pada pertandingan terakhir Grup A di Stadion Istiqlol, Selasa (7/3) malam WIB.

Indonesia dengan Irak sama-sama mengoleksi empat poin. Akan tetapi Irak lebih berhak di posisi runner up lantaran unggul head to head selisih gol dari Garuda Nusantara.

“Seperti yang anda lihat, para pemain Uzbekistan secara fisik lebih besar dari para pemain kami, dan kondisi ini cukup menyulitkan para pemain kami,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers usai pertandingan, Rabu (8/3).

“Jadi kondisi fisik adalah kekuarangan kami. Karenanya mulai sekarang mereka harus bekerja ekstra untuk meningkatan kekuatan fisik mereka.” tambahnya.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia, Muhammad Ferrari menyebut ia rekan-rekannya disebut butuh meningkatkan kondisi fisik.

Keunggulan timnya dalam segi kecepatan menurutnya harus dibarengi dengan kondisi fisik yang jauh lebih baik.

“Semua orang tahu memang dari segi fisik kami kalah, tapi tak ada yang tidak mungkin di sepak bola, para pemain Timnas U-20 itu cepat dan hal itu bisa jadi modal kami untuk mengungguli lawan,” kata Ferrari.

Untuk masalah serangan, mereka memang masih kesulitan dengan hanya mencatatkan total empat tembakan.

Namun dalam sisi pertahanan, para pemain bertahan Indonesia tampil baik dengan keberhasilan mengatasi 18 tembakan yang dilepaskan Uzbekistan.

Skuad Garuda muda tercatat cuma kemasukan dua gol yang semuanya tercipta dalam kekalahan 0-2 dari Irak U-20 pada matchday pertama.

“Alhamdulillah meski hasil kurang memuaskan, kami bermain baik, apa yang dimau pelatih bisa kami terapkan, termasuk dalam defend. Sehingga kami tidak kebobolan di laga ini,” tutupnya. (fjr)

Editor : Ruri Ariatullah