25 radar bogor

Tertunda Belasan Tahun, Terminal Baranangsiang Direvitalisasi Tahun Ini

Terminal Baranangsiang
Terminal Baranangsiang

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengungkapkan update terbaru rencana revitalisasi Terminal Baranangsiang Bogor.

Rencananya, pembangunan perbaikan Terminal Baranangsiang yang sempat tertunda belasan tahun itu, akan mulai dikerjakan pada tahun 2023 ini.

Hal itu diketahui usai Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim melakukan pertemuan dengan perwakilan PT Pancakarya Grahatama Indonesia (PGI) pada Selasa (7/3/2023).

Avatar

Baca Juga:

Metromini Tabrak Bus di Terminal Baranangsiang, Satu Penumpang Terluka

“Kami kemarin menerima perwakilan dari perusahaan yang selama ini mendapatkan konsesi untuk pengelolaan Terminal Baranangsiang. Rupanya ada dua hal yang membuat proses (revitalisasi) nya cukup lama,” kata Dedie A Rachim, Rabu (8/3/2023).

Dalam pertemuan itu, dijelaskan Dedie pertama membahas tentang legal opinion atau jangka waktu Build Operate Transfer (BOT).

“Dan ternyata, (saat ini) Pemerintah Pusat dan Kementerian Perhubungan sudah mendapat semacam legal opinion dari Kejaksaan Agung terkait lama masa waktu BOT,” ucap dia.

Atas itu, diputuskan bahwa BOT antara Pemkot Bogor, dan PT PGI diawali sejak tahun 2023 untuk 25 hingga 30 tahun ke depan.

Kemudian, dilanjutkan Dedie A Rachim, untuk persoalan kedua, di tengah keputusan konsesinya diberikan ke PT PGI, ternyata di dalam management PT PGI ada perubahan pemegang saham.

Meski begitu, hal ini sudah dilaporkan ke Wali Kota Bogor Bima Arya, dan saat ini PT PGI mengaku sudah siap untuk segera melaksanakan pembangunan Terminal Baranangsiang.

“Mereka siap untuk segera melaksanakan pembangunan, dengan catatan desain IMB ada sedikit review karena harus diselaraskan dengan TOD, LRT dan juga rencana Trem Pakuan Kota Bogor,” ucap dia.

Disinggung mengenai konsep revitalisasi Terminal Baranangsiang apakah sama dengan yang dulu, Dedie A Rachim tak menjawab secara spesifik.

Namun, menurutnya karena memang dari awal sudah ada hitungan investasi, tentu mereka dalam pembangunan revitalisasi Terminal Baranangsiang ini harus ada pengembalian investasi.

“Pengembalian investasi juga ada. Mereka melakukan pembangunan ada pusat perbelanjaan, sentra UMKM, kemudian disitu juga ada kegiatan pendidikan termasuk juga ada apartemen atau mal,” ungkap Wakil Wali Kota Bogor.

Ditegaskan kapan revitalisasi Terminal Baranangsiang akan dikerjakan, Dedie A Rachim meyakinkan bahwa pengerjaan pembangunan ini tetap akan dilakukan pada tahun 2023.

Hal itu berdasarkan keputusan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan, serta hasil keputusan dari Kejaksaan Agung terkait BOT itu dimulai 25-30 tahun ke depan.

“Tahun ini. (Dikerjakan) dua tahap, dan konsepnya (kondisi Terminal Baranangsiang) tidak dikosongkan atau dipindahkan,” ucap dia.

Sedangkan, Dedie menyebut lama pekerjaan perbaikan Terminal Baranangsiang akan memakan waktu selama tiga tahun.

“(Untuk pekerjaan awal) yang depan dikosongkan, terminal dipindahkan ke belakang. (Pembangunan) Depan beres, baru yang belakang dibangun,” ujar Wakil Wali Kota Bogor. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep