25 radar bogor

Pria yang Sempat Terobos Istana Bogor Dipulangkan ke Condet

Warga yang sempat menerobos Istana Bogor untuk memaksa bertemu Presiden RI Joko Widodo, Rabu (8/3). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pria yang sempat menerobos Istana Bogor telah diamankan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, Rabu (8/3). Lelaki yang mengakku anak Jokowi itu pun dipulangkan ke Condet, Jakarta Timur.


Kepala Bidang Rehabilitas Sosial Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin mengatakan, pria tersebut diantarkan jajaran Polresta Bogor Kota ke kantornya sekira pukul 14.30 WIB.

Setelah melakukan tanya jawab, Dinsos Kota Bogor menghubungi saudarinya yang tinggal di Condet, Jakarta Timur.

“Jadi, setelah kami lakukan asesmen dan kami langsung hubungi keluarganya, ternyata memang Pak Suradi ini sudah beberapa hari memang bingung, linglung,” kata Dody, Rabu (8/3).

Dari informasi pihak keluarga, Suradi memang berasal dari Wonosobo. Namun, ia tinggal di rumah saudarinya di Condet.

Pagi hari ini, Rabu, Suradi pamit pergi dari rumah di Condet untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Dody, Suradi sedikit sulit ketika dimintai keterangan. Awalnya, Suradi mengaku ingin menyampaikan pesan ke Jokowi sehingga nekad masuk ke Istana Bogor, namun beberapa saat kemudian ia mengaku hanya ingin bertemu Jokowi.

“Dari awal pemeriksaan, pas datang ngaku wali Allah yang akan menyampaikan pesan-pesan ke Pak Jokowi. Tapi kami olah terus, kami ajak komunikasi tentang niat dia ke Bogor itu, kadang suka nggak nyambung juga,” ucap Dody.

Setelah dilakukan asesmen, Dinsos Kota Bogor akan mengantar Suradi ke Stasiun Bogor agar kembali ke tempat tinggalnya. Sebab, Suradi berangkat dari Condet ke Bogor menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) dari Pasar Minggu ke Bogor.

Di sisi lain, Dody tidak bisa menyatakan apakah Suradi memiliki gangguan jiwa atau tidak. Lantaran hal itu merupakan ranah dokter. Dari pantauannya, cara bicara Suradi tergolong normal meskipun harus sedikit ditekan.

“Karena-kadang nyambung ngomongnya, kadang error lagi. Cuma hasil asesmen kita, kalau ada sedikit kita tekan ya ngomongnya normal. Karena dia hafal juga nomor handphone kakaknya,” ujar Dody.

Avatar


Dia menambahkan, Suradi di Jakarta bekerja sebagai buruh harian lepas atau kuli bangunan. Saat diamankan, tas pinggang yang dibawa Suradi berisi rokok, korek gas, gawai, parfum, dan minyak rambut.

Suradi (40) diamankan oleh personel TNI lantaran mendadak membuka pakaian di kawasan Istana Bogor, Rabu (8/3) siang. Ia mengaku sebagai anak Jokowi dan ingin bertemu langsung. (*)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Radar Bogor (@radar_bogor)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto