25 radar bogor

Pipa di Tamansari Dirusak Berkali-kali, Tiga Desa Kesulitan Air Bersih

Pipa air bersih yang dirusak orang tak dikenal di Kecamatan Tamansari. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Ratusan warga di tiga desa Kecamatan Tamansari dibuat gusar. Pasalnya, pipa saluran air yang menjadi sumber air bersih mereka dirusak orang tak dikenal.


Ketiga desa terdampak yaitu Desa Sukaluyu, Desa Sukajaya, dan Desa Tamansari. Rusaknya fasilitas umum itu membuat warga di tiga desa kesulitan air.

Pipa-pipa itu menjadi sarana untuk mengalirkan air dsri mata air menuju rumah-rumah warga. Sejumlah pipa dirusak dengan cara dibacok mengunakan senjata tajam.

“Iya, dirusak jadi kami kesulitan air,” tutur salah satu warga kepada Radar Bogor, Rabu (8/3).

Dikonfirmasi, Humas Humas Kelompok Pengelola Sistem Penyedia Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS), Asep Suryana membenarkan terkait adanya pipa yang dirusak oleh orang tidak dikenal. Ia menyebutkan ada 10 titik kebocoran.

Kata dia, pengrusakan saluran pipa air bersih di tiga desa itu sudah terjadi berkali-kali. Bahkan, dirinya sudah melaporkannya ke Polsek Tamansari.

“Tapi, sampai sekarang belum ada yang ditangkap pelaku pengerusakan tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut, Asep mengatakan, puluhan warga juga sudah pernah melakukan demonstrasi di Mapolsek Tamansari agar pelaku pengerusakan segera bisa ditangkap. “Bukannya ditangkap, malah ini ada pengerusakan lagi,” kesalnya.

Menurutnya, warga yang bergantung pada fasilitas umum bantuan PUPR itu sekira 180 Kepala keluarga. Dengan adanya pengerusakan pipa, tentu sangat berdampak bagi warga di tiga desa.


“Kami harap pelaku segera ditangkap. Jika masih berkeliaran, bakal terjadi hal serupa. Ini sudah yang ketiga kalinya,” pintanya.(*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto