25 radar bogor

Pemkab Bogor Optimistis Pilkades Serentak Berjalan Aman

Rapat rencana pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 di Babakan Madang, Selasa (20/12). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023 bakal segera berlangsung. Sebanyak 36 desa di 26 kecamatan di Kabupaten Bogor yang akan menggelar pesta demokrasi tertua di Indonesia itu pada Minggu (12/3) mendatang.


Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan telah mempersiapkan segala hal agar pelaksanaan Pilkades 2023 dapat berjalan semestinya.

“Kami sudah instruksikan ke Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKDP) dan camat khususnya bersama Forkopimcam untuk mengawal pelaksanaan Pilkades ini,” ucapnya, Rabu (8/3).

Menurutnya, jumlah desa yang menggelar pilkades di tahun ini jauh lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pengalaman yang pernah menggelar Pilkades di ratusan desa, Iwan optimistis pelaksanaan Pilkades kali ini juga dapat berlangsung aman.

“Kami sudah pengalaman 200 lebih desa berjalan aman, semua juga harus kompak menjaga, jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan, dan kami juga akan bantu terus Pilkades yang berlangsung tanggal 12 Maret,” tegasnya.

Pilkades serentak tahun 2023 telah sampai pada tahapan kampanye para calon kepala desa. Sebanyak 150 calon dari 36 desa di kecamatan yang menjadi peserta Pilkades. Dengan jumlah hak pilih lebih dari 312 ribu dan 636 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, Pemkab Bogor sebelumnya menyiapkan anggaran sebesar Rp9,5 miliar untuk pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023.

“Namun setelah kami verifikasi, anggaran yang fix digunakan Rp8,9 M, karena jumlah DPT yang dinamis,” jelasnya.


Pihaknya juga telah memperingatkan panitia pelaksana pilkades untuk tidak menerima, apalagi meminta bantuan anggaran dari calon kepala desa.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto