25 radar bogor

Miliki Segudang Prestasi, Mahasiswi Polbangtan Bogor Jadi Duta PEPI 2023

Mahasiswi Polbangtan
Gitana Arum Prastanika, mahasiswi Jurusan Peternakan tingkat 2 program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan yang terpilih menjadi Duta Polbangtan/ PEPI 2023, perwakilan dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR, Kementan terus berupaya memotivasi anak muda agar terjun ke sektor pertanian dan menjadi motor penggerak pertanian di Indonesia. Salah satunya, melalui ajang pemilihan Duta Polbangtan/Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) 2023.

Adalah Gitana Arum Prastanika, mahasiswi Jurusan Peternakan tingkat 2 program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan yang terpilih menjadi Duta Polbangtan/ PEPI 2023, perwakilan dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, orang yang berprestasi itu yakni orang yang fokus dengan apa yang menjadi fungsi peranan dan tanggung jawab dan jika prestasi sudah diraih berarti dia telah melakukan seluruh fungsi , seluruh tugas yang ada dan melahirkan prestasi, sekaligus mengajak yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Avatar

Baca Juga:

Terpilih Jadi Duta Polbangtan 2023, Inilah Sosok Firdaus Alfarizi Kurniawan

“Penghargaan itu sebenarnya sebuah pesan yang menyampaikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang telah diupayakan secara maksimal dengan penuh kesungguhan,” ujar Syahrul.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang turut hadir dan menyaksikan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan BPPSDMP yang telah berkinerja baik dan berhasil menorehkan prestasi.

“Kita harus bangga. Karena, yang kita kerjakan mendapat apresiasi. Tapi seluruh insan pertanian, baik petani, penyuluh, poktan, gapoktan, juga petani milenial harus semangat untuk menjaga produktivitas pertanian,” tutur Dedi.

Gitana, begitu sapaan akrabnya, sukses mendapatkan banyak prestasi. Prestasi pertama kali yang didapatkan dari menulis puisi dan membuat video. Tidak hanya belajar, Gitana juga mengembangkan minat,bakat dan hobi yang menjadikan dirinya menjadi mahasiswi berprestasi.

Dalam menulis puisi, Gitana juga berhasil mendapatkan juara 2 dan 3 VideoGraphy pada tingkat nasional, English vision pada tingkat ASEAN, dan menjadi Duta Polbangtan/ PEPI 2023 SEINDONESEIA  Gitana pun memberikan tips dan trik membagi waktunya pada saat belajar dan mengembangkan hobi.

”Saya selalu membuat struktur kegiatan sehari-hari agar kegiatan saya dapat terstruktur rapi,dan saya tahu skala prioritas kita yang harus dilakukan terlebih dahulu,” ucap Gitana.

Mahasiswi dari jurusan peternakan Polbangtan Bogor ini pun mengakui sudah mendapatkan prestasi sejak masih di bangku sekolah dasar “Pada saat itu saya menjadi juara kelas dan saya sangat bersyukur dan senang pada saat itu,” papar Gitana.

Gitana tidak menyangka bahwa diri nya akan menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023 se-indonesia. ”Saya sedikit tidak menyangka dan pastinya bersyukur juga bahwa saya terpilih menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023 serta di sisi lain saya merasa bahwa ini tanggung jawab baru bagi saya jadi saya harus planning untuk kedepannya nanti,” tutur Gitana.

Faktor pendorong utama menjadi menjadi mahasiswa berprestasi, Gitana dari diri sendiri terlebih dahulu dan dari kerabat terdekat seperti keluarga, dosen pembimbing dan teman-teman yang pasti sangat suportif pada kegiatan yang Gitana lakukan.

Gitana mengatakan, bahwa goals pertama yang akan ia lakukan pertama kali yaitu memperkenalkan Polbangtan Bogor pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun ini, karena banyak kurang mengetahui tentang informasi PMB ini sendiri melalui media social. (adv)

Pewarta: Ardianinda Wisda
Kontributor: Risman Diyansyah