25 radar bogor

Kota Bogor Siap Gelar Kompetisi Maraton se-Jawa Barat

Jogging Track Lapangan Sempur
Jogging Track Lapangan Sempur ditutup pekan depan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kompetisi lari maraton Jabar Run 10K akan berlangsung pada Minggu, 19 Maret mendatang di Kota Bogor. Sebanyak 2 ribu pelari akan beradu cepat dalam gelaran tersebut.


Ketua Panitia Jabar Run 10K, Hendri Winoto mengatakan, maraton akan dimulai pada pukul 05.30 WIB di Pintu 3 Kebun Raya Bogor (KRB).

Rute yang akan dilewati yaitu Pintu 3 KRB, Tugu Kujang, Jembatan Otista, Mall BTM, Jalan Ir Juanda, Jalan Sudirman, Jalan Merak, Denpom, Jalan Jarak Harupat dan berakhir kembali di Pintu 3 KRB. Total rute yang dilalui ialah 10 kilometer.

“Kami membagi para peserta menjadi 3 kelas yakni Kelas Nasional, Kelas Master (di atas 40 tahun), dan Kelas Pelajar. Dengan total hadiah yang akan diberikan sebesar Rp313,5 juta,” tuturnya, Rabu (8/3).

Hendri menyatakan, pihaknya akan menyediakan fasilitas medis dan water station yang akan tersebar di setiap 2,5 kilometer. Mobil ambulans juga akan disiagakan pada 3 titik yaitu di race village, depan Denpom, dan Jalan Ahmad Yani.

Dirinya mengimbau, kepada para peserta hadir di Balaikota untuk mengambil nomor dan jersey sehari sebelum penyelenggaraan yakni Sabtu (18/3).

Hendri menjelaskan, gelaran tersebut bertujuan untuk mengembangkan olahraga atletik dan semakin mengukuhkan Kota Bogor sebagai City of Runner. Jabar Run 10K juga menjadi pembuka Pekan Olahraga Provinsi XV yang bakal dihelat di Kota Bogor.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan Jabar Run 10K akan mendatangkan banyak Penghasilan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Bogor. Sebab 2 ribu pelari itu bukan hanya dari Kota Bogor saja melainkan juga Surabaya, Lampung, bahkan Bali.

“Mereka akan mengisi hotel-hotel di sini, berwisata, dan berburu kuliner. Maka harus kita sambut dengan baik,” ucapnya.

Ajang maraton pertama pasca pandemi ini akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan turut diikuti belasan atlet lari nasional.

Avatar

Baca Juga:

Harta Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Viral, PPATK Sudah Incar Lama


Bima menyebut Pemerintah Kota Bogor sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama gelaran itu berlangsung. Dirinya mengimbau kepada warga Kota Bogor maupun wisatawan untuk menghindari rute maraton sejak pukul 05.30 hingga 07.30 WIB. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto