25 radar bogor

Bidik Bogor Timur Bebas Stunting, Warga Tajur Dapat Makanan Gratis

Penandatanganan kesepakatan penerimaan bantuan percepatan penanganan stunting di Boxies 123 Mall, Rabu (8/3). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menargetkan Kelurahan Tajur, Bogor Timur terbebas dari stunting pada tahun 2023 ini.

Hal itu diketahui dalam kegiatan penandatanganan kesepakatan penerimaan bantuan percepatan penanganan stunting antara Boxies 123 Mall dengan Kelurahan Tajur pada Rabu (8/3).


Camat Bogor Timur, Feby Darmawan mengatakan, saat ini jumlah warga di Kelurahan Tajur yang mengidap stunting tercatat ada sebanyak 12 anak. Namun, jumlah itu terhitung paling sedikit di antara kelurahan lain yang ada di kecamatannya dengan total keseluruhan mencapai 206 anak.

“Paling kecil di Kecamatan Bogor Timur (Kelurahan Tajur). Kemarin di awal 15 anak, sekarang tersisa 12 lagi,” kata Feby Darmawan.

Pihaknya menjalin kesepakatan dengan Boxies 123 Mall untuk memberikan program bantuan selama lima bulan ke depan bagi anak-anak yang mengidap stunting.

Diharapkan, upaya pemberian makan tambahan seperti telur, susu, ikan, biskuit dan sebagainya ini mampu mewujudkan Kota Bogor bebas stunting, khususnya di Kelurahan Tajur.

“Harapannya, lima bulan ke depan atau semester ke-1 bulan Juni-Juli, stunting di Kelurahan Tajur zero. Artinya akan jadi yang pertama harapannya untuk di Kota Bogor stuntingnya nol,” harap Feby.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menuturkan, Pemkot Bogor terus berupaya untuk menangani dan mengentaskan stunting. Salah satu di antaranya dengan melibatkan dunia usaha, mengingat terbatasnya anggaran Kota Bogor.

Selain dari pusat perbelanjaan, industri kuliner seperti restoran, kafe, dan katering juga bisa terlibat dalam program Rantang Cinta. Misalnya, dengan memberikan makanan bergizi kepada anak-anak stunting di wilayahnya masing-masing.

Misal, kata dia, satu restoran bisa menyediakan satu hingga tiga rantang makanan per harinya untuk memberikan gizi tambahan bagi anak-anak stunting. “Tinggal nanti dicek di kelurahan lain seberapa besar potensi stuntingnya,” imbuh Dedie.

General Manager Boxies 123 Mall, Hadi Wijaya menyebutkan, pihaknya memberikan paket makanan empat sehat lima sempurna seperti ikan, telur, susu, dan sayur-sayuran untuk 15 anak stunting di Kelurahan Tajur.

Pemberian makanan ini akan diberikan dalam jangka waktu lima bulan ke depan. Makanan tambahan akan ditempatkan di Kantor Kelurahan Tajur, setiap Jumat.


Makanan itu pum bisa diambil oleh orangtua dari anak stunting langsung di kantor kelurahan.

“Nanti lima bulan ke depan mungkin sudah terpenuhi gizinya, nanti bisa disetop. Kalau dirasakan belum, bisa bergantian seperti yang tadi Pak Wakil katakan, bergantian dengan pengusaha lainnya,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto