25 radar bogor

Tahun Ini, Kelurahan Bojongkerta Target Terbebas dari BABS

Bojongkerta
Lingkungan RT 04 RW 03 Kelurahan Bojongkerta yang terlihat lebih bersih dan mulai berkembang dengan warganya. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kelurahan Bojongkerta menargetkan wilayahnya terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) pada tahun ini.


Lurah Bojongkerta Harry Cahyadi mencatat, masih ada 113 rumah di wilayahnya yang belum memiliki septic tank. Empat di antaranya telah mendapatkan bantuan CSR dari perusahaan swasta.

“Tinggal 109 (rumah), tapi sekarang sedang mencoba berkoordinasi, berkolaborasi, dengan dinas untuk mengusulkan CSR kepada beberapa pengusaha,” kata Harry.

Dijelaskan Harry, Kelurahan Bojongkerta menargetkan wilayahnya terbebas dari ODF melalui pembangunan septic tank pada setiap rumah atau secara komunal. “Mudah-mudahan 109 (rumah) bisa terintervensi,” harapnya.

Pemkot Bogor juga telah mengalokasikan APBD untuk pembangunan septic tak. Selain itu, pihaknya tetap mencoba untuk mengusulkan berbagai proposal kepada para pengusaha.

“Mudah-mudahan ada progres. Karena secara kajian dari 113 septic tank membutuhkan biaya Rp750 juta, satu septic tank berkisar Rp6-7 jutaan, untuk satu rumah,” jelas dia.

Adapun masyarakat yang mendapatkan bantuan pemasangan septic tank masuk ke dalam kategori menengah ke bawah. Kemudian mereka juga tercatat ke dalam DTKS.

“Minimal tahun sekarang di Bojongkerta terbebas dari kotoran manusia, karena sangat berpengaruh pada penilaian Adipura,” tambah mantan Lurah Empang ini.


Pemkot Bogor juga mulai concern dalam menangani ODF sejak tahun 2021. Taregetnya, terbebas dari buang air besar sembarangan di 66 Kelurahan se-Kota Bogor.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto