25 radar bogor

Tahun Ini, 123 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik Lebaran

Penumpang KRL di Stasiun Bogor. Foto Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi sebanyak 123,8 juta orang bakal mudik lebaran pada tahun 2023. Jumlah ini disebut meningkat 14,2 persen dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat pada tahun lalu yang mencapai 85,5 juta orang.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peningkatan prediksi orang yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran lantaran tidak lagi diterapkannya Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Ini karena sudah tidak ada PPKM, memasuki masa pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi Covid-19, perekonomian yang semakin membaik, tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan, dan persepsi positif dari masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022 lalu,” kata Budi Karya dalam keterangan resmi, Selasa (7/3).

Budi Karya menjelaskan sesuai dengan hasil survei Kemenhub, pergerakan masyarakat saat lebaran akan didominasi dari Pulau Jawa sebesar 62,5 persen atau 77,3 juta orang.

Adapun lima daerah asal pemudik terbanyak, yakni Jawa Timur sebanyak 21,2 juta orang, Jawa Tengah sebanyak 18,7 orang, Jabodetabek sebanyak 18,3 juta orang, Jawa Barat 14,9 juta orang, dan Sumatera Utara sebanyak 4,4 juta orang.

Sementara itu, daerah tujuan perjalanan masyarakat tertinggi yaitu, pertama, Jawa Tengah sebanyak 32, 75 juta orang. Lalu, Jawa Timur 24, 6 juta orang, Jawa Barat 20, 72 juta orang, Jabodetabek 8, 07 juta orang, dan Yogyakarta 5, 9 juta orang.

Adapun puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Jumat, 21 April 2023, sedangkan arus balik diprediksi terjadi pada 25 hingga 26 April 2023. Pihaknya memprediksi saat puncak arus mudik itu akan terjadi pergerakan sebanyak 17,7 orang.

“Peningkatan perjalanan pada arus mudik diprediksi mulai meningkat sejak H-3 atau 19 April 2023,” jelas Budi.

Lebih lanjut, Budi membeberkan soal moda transportasi yang akan digunakan masyarakat saat mudik lebaran. Menurutnya, moda darat diprediksi menjadi pilihan paling dominan.

Setidaknya, kata dia, akan ada penggunaan mobil pribadi oleh 27,32 juta orang, sepeda motor 25,13 juta orang, bus 22,77 juta orang, kereta api antarkota 11,47 juta orang, dan mobil sewa sebanyak 9,53 juta orang.

Avatar

Baca Juga:

262 ASN Pemkot Bogor Diangkat Sumpah, Bima Perintahkan Kerja dengan Cinta


Terkait peningkatan jumlah pemudik tahun ini, Budi Karya mengatakan, Kemenhub bakal menyiapkan sejumlah langkah antisipasi sejak awal tahun. Termasuk dengan mengevaluasi penyelenggaraan mudik, Natal, dan tahun baru sebelumnya.

“Kami bersama para pemangku kepentingan menyiapkan antisipasi, berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lain agar mudik berjalan selamat, aman, dan terkendali,” tandasnya. (*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto