25 radar bogor

Ratusan ASN Kota Bogor Patungan Bangun Septictank, Bantu Pemkot Tuntaskan BABS

ASN Kota Bogor
Ratusan ASN Kota Bogor formasi tahun 2021 yang baru saja diangkat sumpah pada Selasa (7/3/2023), secara swadaya patungan membangun septictank komunal.

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan ASN Kota Bogor formasi tahun 2021 yang baru saja diangkat sumpah pada Selasa (7/3/2023), secara swadaya patungan membangun septictank komunal.

Ketua Rereongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2021, Ahmad Danial Sa’dudin menjelaskan, hal itu merupakan bentuk rasa syukur mereka akhirnya dapat menjadi ASN Kota Bogor.

“Wujud rasa syukur itu kami salurkan melalui bantuan septictank komunal, yang akan dibangun di 6 kecamatan di Kota Bogor. Program ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Kota Bogor mengentaskan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS),” jelasnya.

Avatar

Baca Juga:

262 ASN Pemkot Bogor Diangkat Sumpah, Bima Perintahkan Kerja dengan Cinta

Ahmad menerangkan, program tersebut sudah dilaksanakan sejak Februari lalu. Setiap ASN Kota Bogor, menyumbang minimal Rp150 ribu. Total dana yang berhasil dikumpulkannya mencapai Rp38.958.000.

Septictank tersebut, akan dibangun di 6 wilayah antara lain di Kelurahan Cibuluh, Kelurahan Babakan, Kelurahan Bojongkerta, Kelurahan Sukasari, Kelurahan Loji, dan Kelurahan Tajur.

“Dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB), kami menargetkan satu komunal dengan biaya Rp6 juta. Namun Alhamdulillah biaya yang terkumpul melebihi itu,” ucap Ahmad.

Proses pembangunan akan terus dipantau oleh 24 ASN Kota Bogor yang juga merupakan sanitarian dari 25 puskesmas di Kota Bogor. Selain memantau pembangunan septictank, mereka juga akan terus mengedukasi warga agar beralih dari perilaku BABS.

Salah satu penerima manfaat, Amih berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Ia bersyukur kediamannya memiliki septictank dan tidak lagi mengotori sungai.

“Semoga hasil keringat para ASN ini dapat bermanfaat bagi saya dan warga lainnya. Karena kalau untuk membangun sendiri biayanya sangat mahal. Bantuan ini sangat membantu,” tutur dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep