25 radar bogor

Cegah Peredaran Narkoba, Begini Strategi Lapas Gunung Sindur

Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur menggelar apel pencanangan Lapas Bersinar, Selasa (7/3). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

GUNUNG SINDUR-RADAR BOGOR, Lapas Khusus dan Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur menggelar apel pencanangan Lapas Bersih dari Narkoba (Bersinar) di halaman, Selasa (7/3).


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, R. Andika Prasetya menyampaikan, kegiatan itu untuk mewujudkan jajaran Pemasyarakatan Bersinar di lingkungan lapas.

“Agenda ini dalam rangka kanwil Jabar menciptakan bersih lingkungan dari narkoba dan menjadi kewajiban karena ini perintah Presiden dan Kemenkuham,” kata dia, usai menghadiri apel bersama di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur.

Menurutnya, Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) menjadi sebuah keniscayaan yang harus terlaksana di semua lingkungan lapas.

“Semua jajaran punya komitmen dan akan konsisten setiap aparat terlibat pengendalian Narkoba dan diberikan sanksi paling berat pemecatan,” tegasnya.

Dia berharap, bisa menciptakan wilayah yang bersinar beker jasama dengan BNN maupun BNNK daerah. “Tentunya kami juga melakukan test urine, pengawasan dan pengetatan, meningkatkan intensitas razia,” sambung Andika.

Kasubdit Pengawasan Tahanan (Wastah) BNN Dik Dik Kusnadi menambahkan pencanangan Lapas Bersinar patut diapresiasi. Menurutnya, itu menjadi role model dan bisa bersinergi dalam berbagai upaya bersama.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan tanda tangan komitmen, pembekalan dan fakta integritas, beserta tes urine.


“Usai agenda ini kita lanjutkan menjadi Jabar Peduli dan Lingkungan Bersinar, karena salah satu upaya secara dini di semua lapas,” kata Dik Dik.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto