25 radar bogor

Aktor Senior Ikranagara Meninggal di Pulau Dewata, Ini Penyakit yang Diderita

JAKARTA—RADAR BOGOR, Aktor senior Ikranagara meninggal dunia dalam usia 79 tahun, pada Senin (6/3/2023). Menurut berita yang dibagikan Festival Film Indonesia (FFI) melalui halaman Instagram-nya. “Festival Film Indonesia turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya sahabat dan keluarga kami. Ikranagara, 19 September 1943 – 6 Maret 2023,” tulis FFI pada Selasa (7/3/2023).

“Selamat jalan, Ikra. Kabar duka datang dari aktor senior Ikranagara. Aktor keturunan Bali, Jawa, Madura dan Bugis, Sulawesi Selatan itu meninggal dunia pada Senin (6/3) di usia 79 tahun. Dia mengembuskan napas terakhir di Pulau Dewata setelah sempat berjuang sembuh melawan sakit.

Avatar

Baca Juga:

Fitnah Dila, Indra Bekti Perintahkan Pengacara Ambil Langkah Hukum

Kabar meninggalnya Ikranagara diungkapkan Ketua Humas PARFI, Evry Joe. Dia mengaku mendapat kabar duka ini tadi malam dari sahabat almarhum, yang merupakan senior IKJ. “Berita duka itu saya dapat dari senior IKJ Bapak Kumala Atmojo dan juga dari temannya sesama aktor teater Niniek L Karim. Berita duka itu sebenarnya dari anaknya bang IKranagara, innosanto,” kata Evry Joe kepada JawaPos.com (Grup Radar Bogor), Selasa (7/3).

Evry Joe menyebut Ikranagara sempat tinggal di Amerika Serikat. Namun berhubung jatuh sakit, maka dia pun memutuskan untuk kembali ke Bali dan meninggal di sana kemarin. “Beliau empat tahun ini sakit stroke dan pindah ke Bali karena asalnya di Bali,” jelas Evry Joe. Mewakili PARFI, dia mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas meninggal aktor Ikranagara.

Dia menyebut bintang film drama komedi romantis Kejarlah Daku Kau Kutangkap ini merupakan aktor hebat di dunia perfilman di masa lalu dan juga aktif di dunia teater.  “Kami dari Pengurus Besar PARFI mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya, dalam rangka PARFI memperingati ulang tahun ke-67. Semoga amal ibadahnya diterima dan karya-karyanya menjadi ladang amal,” tuturnya.

Selama berkarir, Ikranaga merupakan seorang sastrawan, pemain film, teater, hingga sinetron.Selain itu, ia juga merupakan pelukis sekaligus penulis naskah skenario. Beberapa judul film yang sempat dibintanginya antara lain; Kejarlah Daku… Kau Kutangkap, Keluarga Markum, Laskar Pelangi, Sang Pencerah, Sang Kiai, dan lain-lain.(jp)

Editor: Pipin