25 radar bogor

Satu Kampung Tertimbun Longsor di Natuna, Diduga Ada Korban

Satu kampung tertimbun longsor di Natuna.

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu kampung tertimbun tanah longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Tanah longsor diakibatkan hujan yang tak henti-henti.

Longsor menutupi rumah dan jalan di daerah Molon. Salah seorang warga, Johan Wahyudi mengatakan ada korban. Namun, belum dapat dipastikan berapa jumlahnya karena masih tertimbun material longsor.


“Berpotensi puluhan orang. Sinyal mati total, listrik mati total, ini saya dapat sinyal dari Pulau Panjang,” kata Johan.

Warga yang menghuni tiga kampung di area sekitar longsor telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, masih terjadi longsor susulan.

Tiga kampung yang mengungsi yakni Kampung Genting, Air Raya, dan Kampung Air Sekain.

Plh Komandan Koramil 06/Serasan, Sersan Mayor (Serma) Rahmansyah Saragih, mengungkapkan, kejadian bermula pada pukul 11.15 WIB. Longsor besar melanda lereng bukit hingga menimpa perkampungan sampai ke jalan raya.

Saat ini, jalan raya yang menghubungkan daerah Astaka ke arah Koramil lumpuh dan tak bisa dilintasi akibat material longsoran menutup ruas jalan.

“Longsor susulan masih terjadi, rumah warga tertimpa longsor belum bisa dihitung, sementara ada 10 orang meninggal yang sudah berhasil dievakuasi,” ujarnya melaporkan.

Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, dan Kodim 0318/Natuna telah mengerahkan dua kapal dan satu RIB untuk menuju lokasi yaitu Pulau Serasan. (*/net)

Editor: Imam Rahmanto