25 radar bogor

Mahasiswa Universitas Nusa Bangsa Ajak Masyarakat Tamansari Sadar Lingkungan

Universitas Nusa Bangsa (UNB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Nusa Bangsa (UNB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) tahun Akademik 2022/2023. Sebanyak 110 peserta terbagi menjadi 10 kelompok, yang tersebar di lima desa Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.


Salah satu kegiatan yang dilaksanakan kelompok 1 desa Tamansari RW 06 yakni penyuluhan kesadaran lingkungan kepada anak-anak melalui permainan rekam jejak yang dilaksanakan pada Minggu, 5 Maret lalu.

Ketua Kelompok 1 KKNT Aprijal Gumelar mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, pentingnya membuang sampah pada tempatnya, serta mengenalkan sampah organik dan non-organik melalui permainan rekam jejak.

Aprijal menuturkan, permainan ini menitikberatkan pada daya ingat dari anak dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pelaksanaan kegiatan meliputi lomba sambung kalimat dan teka-teki berkaitan dengan kesadaran lingkungan serta lomba mengidentifikasi sampah organik dan non-organik.

“Kegiatan ini disambut baik warga masyarakat dan anak-anak hal ini terlihat dari antusiasme anak-anak mengikuti kegiatan tersebut,” kata Aprijal.

Terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tun Susdiyanti menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penyuluhan tentang kesadaran lingkungan yang diberikan kepada anak-anak dengan tujuan agar kesadaran lingkungan dapat dipahami sejak usia dini.


“Semoga kegiatan KKNT ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan khususnya anak-anak yang berada di RW 06, Desa Tamansari untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke aliran sungai yang langsung mengalir ke setu yang dapat menyebabkan aliran air tersumbat dan tentunya dapat menimbulkan banjir,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto