25 radar bogor

Feby Darmawan Janji Bogor Timur Siap Semakin Makmur

Camat Bogor Timur, feby Darmawan. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Usai mendulang kesuksesan bersama Dinas Lingkungan Hidup meraih penghargaan Adipura. Feby Darmawan siap kembali berjuang menata wilayah Kecamatan Bogor Timur. Ia optimistis membuat Bogor Timur makin makmur tanpa stunting, bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).


Tanggung jawab baru diemban Feby Darmawan sejak awal Bulan Februari 2023. Ia diberi tugas oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya menjadi Camat Bogor Timur. Kebijakan itu pun jadi tantangan untuknya.

Sejumlah persoalan seperti stunting, BABS, dan RTLH jadi prioritas. Ia pun mencanangkan program-program sebagai strategi penanganan.

Untuk stunting, Feby bakal menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan 2 puskesmas yang ada di Kecamatan Bogor Timur yakni Puskesmas Bogor Timur dan Pulo Armin. Sebanyak 191 anak stunting yang akan menjadi sasarannya.

“Jumlah itu sudah mengalami penurunan sebanyak 15 orang. Awalnya ada 206. Namun kami tidak akan lengah, dengan terus gencar melakukan upaya pencegahan. Harapannya sampai pertengahan tahun nanti sudah ada kelurahan yang 0 kasus stunting,” tuturnya kepada Radar Bogor, Senin (6/3).

Feby juga akan berkolaborasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Bogor mengentaskan Open Defecation Free (ODF) di wilayahnya.

“Strateginya dengan peran bapak angkat. Kelurahan Katulampa dan Baranangsiang kami bekerja sama dengan Bappeda. Untuk Sindangsari, dan Sindang Rasa Bapenda. Lalu wilayah Kelurahan Tajur dan Sukasari dibantu oleh Bagian Perekonomian,” jelas pria lulusan Universitas Widyatama Bandung itu.

Penanganan yang dilakukan yakni dengan pembangunan jaringan pipa dan septictank komunal. Seluruh pihak sudah melakukan survei dan akan mulai pembangunan dalam waktu dekat.

Feby juga akan berangkulan dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) melancarkan bantuan perbaikan rumah bagi warga yang kediamannya termasuk RTLH. Beberapa bantuan yang disiapkan antara lain Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), bantuan dari pemerintah pusat, dan bantuan Rehabilitasi Sosial Rutilahu Kota Bogor.

Tak cukup dari balik meja, Feby juga kerap turun menemui warganya untuk mengatahui kondisi lapangan dari mata kepalanya sendiri. Menurutnya cara itu efektif agar ia bisa memahami keluhan dan aspirasi warga.

Avatar

Baca Juga:

Imbas Revitalisasi Jembatan Otista, Pengusaha Angkot Bakal Merugi


“Saya juga bisa mengetahui potensi yang dimiliki wilayah Kecamatan Bogor Timur. Saat ini kami sudah punya Kampung Perca di Sindangsari dan Kamoung Warna-warni di Katulampa. Ke depan kami akan mencoba mengembangkan Bendung Katulampa misalnya membangun jogging track atau konsep lainnya,” tutur Feby.

Dirinya juga berkomitmen membuka diri menerima aspirasi dan keluhan warga melalui akun media sosial Instagram pribadinya @febydarmawan dan akun Instagram Kecamatan Bogor Timur @kecamatanbogortimur. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto