25 radar bogor

Catut Nama Camat via WhatsApp, Modus Penipu Minta Transfer Balik

Salah satu penipuan mengatasnamakan camat di Kabupaten Bogor. (Tangkapan layar)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah camat di Kota Bogor dicatut namanya oleh nomor tak dikenal. Di antaranya, Camat Bogor Utara Riki Robiansah dan Camat Bogor Tengah Dicky Iman Nugraha.


Camat Bogor Utara Riki Robiansah pun mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan nomor WhatsApp (WA) asing dengan profil picture para camat di wilayah Kota Bogor. Sebab, profil picture para camat kerap dijadikan salah satu modus penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Masyarakat juga diminta untuk jangan percaya akan iming-iming dari WA tersebut. “Lebih baik dikonfirmasikan terlebih dahulu apabila mengatasnamakan para camat,” kata Riki, Senin (6/3).

Belakangan ada nomor WA mengatasnamakan dirinya sebagai Camat Bogor Utara dan juga ada Camat Bogor Tengah Dicky Iman Nugraha.

“Saat dicek foto profil WA nya camat Bogor Utara dan begitu juga Camat Bogor Tengah. Ini biasa digunakan para penipu untuk bisa menipu calon korban,” ungkapnya.

Hal tersebut, kata dia, sangat merugikan. Apalagi ketika korbannya langsung melakukan transfer uang.

“Kami tidak tiba-tiba mengirimkan uang serta apalagi meminta transfer balik. Modusnya sendiri begitu, seakan-akan sudah transfer uang dapat dari program bantuan apa, kemudian diminta transfer balik uangnya,” imbuh dia.

Riki pun langsung menyebarkan informasi tersebut agar masyarakat mengetahui sehingga tidak menjadi korban.

“Kami sudah informasi ke kelurahan dan aparatur wilayah RT dan RW. Semoga tidak ada masyarakat yang menjadi korban,” tandasnya.


Sebelumnya, kejadian serupa juga dialami para kepala dinas, sekretaris daerah (sekda) Kota Bogor hingga para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto