25 radar bogor

Apresiasi Petugas Kebersihan, Ratusan ASN Sapu Jalanan di Kota Bogor

Petugas Kebersihan
Wali Kota Bogor Bima Arya ikut menyapu jalan sebagai apresiasi terhadap petugas kebersihan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberikan apresiasi kepada Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, dengan menurunkan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) membantu pasukan kuning menyapu jalanan di 64 titik jalan protokol di Kota Bogor.

“Pagi ini kita lanjutkan ikhtiar kita dengan memberikan apresiasi kepada petugas kebersihan, sekaligus semakin berkomitmen menambah tunjangan dan kesejahteraan bagi petugas kebersihan,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya di Plaza Balai Kota Bogor, Senin (6/3/2023).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor, Elia Buntang mengatakan, kegiatan menyapu jalan untuk membantu petugas kebersihan itu, sudah sewajarnya dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas kebersihan yang sudah berkontribusi besar atas penghargaan Piala Adipura.

Avatar

Baca Juga:

 Begini Kegembiraan Warga Menyambut Piala Adipura di Kota Bogor

“Kami menyapu jalan dari pukul 05.00 WIB di mulai di Jalan Mawar sampai ke Bumi Menteng Asri dengan menurunkan 45 staf Disnakertrans Kota Bogor,” ujarnya.

Ia menuturkan, sebagai mantan kepala DLH, ia berharap kedepannya bukan hanya hari ini membersihkan jalan dan membantu pasukan kuning. Namun seluruh warga sama-sama mengambil peran untuk menjaga kebersihan.

Pasalnya, akan sangat disayangkan jika hari ini bebersih namun esok kembali lupa dan masih membuang sampah sembarangan. Tak hanya itu, hal penting lainnya yakni melakukan pemilahan sampah di rumah tangga sembari terus mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan. “Saya berharap semua bisa berkolaborasi dan Piala Adipura dapat dipertahankan,” tegasnya.

Lurah Gunung Batu, Delly Thamrin mengatakan, ia menurunkan seluruh karyawan untuk menyapu jalan dari mulai tanjakan sarijan, perempatan gunung batu sampai ke pasar gunung batu.

Tak hanya staf kelurahan, pihaknya juga dibantu warga dan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah yang terkumpul ke motor sampah.

“Harapan kami setelah dibersihkan baik oleh petugas kebersihan dan yang hari ini dibantu ASN Pemkot Bogor, masyarakat jangan membuang sampah sembarangan lagi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3S) Kecamatan Bogor Barat, Dadang Sudrajat mengatakan, pihaknya menurunkan 65 kepala sekolah SD di Kecamatan Bogor Barat untuk ikut serta ada kegiatan bebersih dan menyapu jalan sesuai arahan dan program Pemkot Bogor.

65 kepala sekolah ini sudah berkumpul sejak pukul 04.30 WIB, membawa semua perlengkapan kebersihan dan mulai menyapu jalan dari Panaragan pada pukul 05.00 WIB sampai ke perempatan Gunung Batu. Sampah yang terkumpul dimasukan ke polybag dan kemudian diangkut.

“Kegiatan ini bagus karena semua berkolaborasi menjaga kebersihan terlepas dari penghargaan Adipura, karena itu kan reward yang paling utamanya menjaga kebersihan kewajiban semua warga,” katanya. (adv)

Editor : Yosep